Sabtu , 4 Juli 2020

Tentang Pensiun, Ini Kata BTS

30 Mei 2020 02:01 WIB


Salah satu potret BTS saat menampilkan "Black Swan". (Dok. Big Hit Entertainment).

Solotrust.com- Para anggota BTS mengungkapkan perasaan mereka terkait pensiunnya mereka suatu saat nanti dalam episode keenam seri dokumenter "Break the Silence" yang tayang 27 Mei 2020.

"Saya rasa saya tidak akan menyesal. Saya sudah pergi setiap tempat yang ingin saya kunjungi," kata Suga.



Leader BTS, RM mengatakan, "Saya ingin fokus pada saat-saat indah daripada perpisahan yang menyedihkan".

"Jika ada saatnya saya tidak bisa lagi tampil secara fisik. Seperti yang dikatakan Namjoon, hal pertama yang saya pikirkan adalah, 'Saya tidak menyesal' karena saya pernah ke semua tempat yang selalu ingin saya kunjungi," kata Jin.

J-Hope mengatakan, "Ketika tiba saatnya bagi kita untuk menyetujui untuk melepaskan ini, selama itu bukan crash tapi landing, tidak akan ada penyesalan."

Sementara itu Jimin mengatakan ketidakyakinannya apabila suatu saat harus melepaskannya. Ia mengatakan, "Seperti yang selalu kalian katakan, akan ada titik dimana kita harus melepaskannya. Tapi saya tidak yakin apakah saya bisa mengakuinya ketika saatnya tiba.

Jimin melanjutkan, "Kita mungkin tidak punya pilihan selain melepaskannya. Sebagai contoh, jika kita menjadi sangat lelah secara fisik sampai-sampai baterai kita habis, dan kita tidak dapat mengisi ulang, kita benar-benar harus melepaskannya. Tapi saya tidak tahu apakah saya bisa mengakuinya dan menerimanya."

BTS diketahui pernah berpikir untuk bubar pada awal tahun 2018. Hal ini disampaikan Jin dalam pidato kemenangan BTS untuk daesang (penghargaan tertinggi) Artist of the Year di MAMA 2018. BTS sendiri selama 3 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan tersebut.

"Ini mengingatkan saya pada awal tahun ini. Kami memiliki beban emosional yang sangat besar saat itu dan bahkan membicarakannya di antara kami, apakah kami harus bubar atau tidak," kata anggota tertua BTS tersebut.

Kendati demikian, BTS pada akhirnya memilih untuk berlanjut sebagaimana dilanjutkan Jin dalam pidatonya, "Namun saya sangat lega karena kami memutuskan untuk berlanjut dan mendapatkan prestasi besar seperti ini. Saya ingin menyampaikan terimakasih pada anggota-anggota (BTS) yang tercinta dan ARMY".

J-Hope pun juga menyampaikan hal senada, yakni mengingat bagaimana beratnya perjuangan yang harus mereka lalui di tahun itu, bahkan ia tak kuasa menahan air matanya ketika memberi pidato kemenangan.

Anggota BTS lainpun turut menitikan air mata mengenang perjuangan keras mereka untuk bisa sampai di titik tersebut.

"Saya akan menangis terlepas dari apakah kami mendapatkan penghargaan ini atau tidak. Tahun ini, kami telah melalui begitu banyak kesulitan dan kami ingin memberikan penghargaan kepada mereka yang telah memberikan cintanya yang begitu besar untuk kami. Saya sangat bersyukur dan ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterimakasih kepada pada anggota (BTS) yang saat ini bersama saya di sini. Terimakasih. Saya mencintai kalian." kata J-Hope kala itu. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com