Minggu , 5 Juli 2020

Duduk Menyilangkan Kaki Menyebabkan Varises, Benarkah?

08 Juni 2020 14:03 WIB


Ilustrasi.

JAKARTA, solotrust.com-  Bagaimana cara Anda duduk? Sebagian besar perempuan merasa nyaman duduk dengan satu kaki bersilang. Cara duduk seperti ini telah menjadi kebiasaan yang telah tertanam di bawah alam sadar. Apakah ada risikonya?

Bukan berarti duduk dengan kaki bersilang akan menyebabkan keadaan darurat medis. Hanya saja, cara ini dapat meningkatkan tekanan darah, postur tubuh dan dapat menyebabkan masalah lutut dan mati rasa. Wanita hamil disarankan untuk menghindari postur ini karena dapat menyebabkan komplikasi terkait kelahiran.



Beberapa klaim itu benar dan beberapa hanya teori. Ini pembahasannya, seperti dilansir Times of India, Minggu (7/6/2020).

1. Tekanan darah tinggi

Dua studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nursing dan Journal of Hypertension mengungkapkan bahwa duduk dengan kaki menyilang menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal pertama, ada sedikit lonjakan tekanan darah ketika para peserta menyilangkan kaki mereka di lutut. Namun, tidak ada perubahan ketika kaki disilangkan di pergelangan kaki. Untungnya, lonjakan tekanan darah ini hanya sementara.

 

2. Varises

Diyakini bahwa duduk dengan kaki bersilang dalam waktu lama memicu varises, tetapi itu tidak benar. Varises disebabkan beberapa komplikasi di dalam katup di pembuluh darah, sehingga harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke jantung. Dalam kondisi ini, darah dikumpulkan dan menyebabkan tonjolan di pembuluh darah.

Orang-orang yang duduk atau berdiri dalam waktu yang lama berisiko menderita varises. Tapi ini tidak ada hubungannya dengan postur duduk Anda.

 

3. Hamil

Postur duduk tidak memiliki dampak yang parah bahkan pada wanita hamil. Namun, Anda mungkin mengalami sedikit sakit pergelangan kaki, ketegangan otot atau sakit punggung. Alasannya, ketika Anda membawa janin di dalam perut, tubuh mengalami banyak perubahan internal.

 

4. Lutut dan nyeri sendi

Nyeri lutut dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti cedera, radang sendi atau kondisi medis lainnya. Hanya dalam kasus yang jarang, duduk bersila dapat menyebabkan masalah persendian atau lutut. Selain itu, jika Anda sudah menderita masalah lutut apa pun, duduk dalam posisi tertentu untuk waktu yang lama dapat memperburuk kondisi Anda.

Untuk menjaga keselarasan postur tubuh Anda dan menghindari komplikasi di kemudian hari, hindari duduk dengan menyilangkan kaki. Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan ini pada awalnya, tetapi jangan berhenti mencoba. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com