Minggu , 5 Juli 2020

Arca Ganesha Abad 8 Masehi Direstorasi, Ini Videonya

13 Juni 2020 13:31 WIB


Screenshot video proses restorasi arca Ganesha (Instagram-@kemdikbud.ri)

Solotrust.com - Menyadari banyaknya peninggalan serta penemuan benda-benda kuno, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Museum Nasional Indonesia melaksanakan program restorasi arca Ganesha. Hal itu diungkapkan Kemendikbud lewat akun Instagram resminya,@kemdikbud.ri, Kamis (11/06/2020)

"Restorasi Arca Ganesha. Sahabat #Dikbud, Kemendikbud melalui Museum Nasional Indonesia melakukan restorasi Arca Ganesha," tulis akun Instagram @kemdikbud.ri.



Restorasi merupakan pengembalian atau pemulihan ke keadaan semula. Arca Ganesha yang direstorasi, menurut akun Instagram @kemdikbud.ri, berasal dari Candi Banon sekira abad 8-9 Masehi yang ditemukan di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Candi Banon ditemukan pemerintah Hindia Belanda pada 1935 silam. Bentuk candi yang terbuat dari bata inilah yang akhirnya membuat banyak orang menyebutnya Candi Banon

"Candi Banon disebut demikian karena terbuat dari bata, sesuatu yang jarang ditemui di wilayah Jawa Tengah, tapi lazim di Jawa Timur," jelas akun Instagram @kemdikbud.ri.

Lima Arca yang ada pada Candi Banon sudah disimpan di museum, salah satunya arca Ganesha yang disimpan di Museum Nasional.

Langkah perawatan dan restorasi perlu dilakukan demi pelestarian benda maupun situs-situs bersejarah. Indonesia sejatinya menyimpan peradaban sangat maju. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peninggalan kuno di sejumlah daerah berupa candi, situs kuno maupun arca.

Berikut video restorasi arca Ganesha dilansir dari laman Instagram Kemendikbud. (dd)

Lihat postingan ini di Instagram

#SahabatDikbud, Kemendikbud melalui Museum Nasional Indonesia @museum_nasional_indonesia melakukan restorasi Arca Ganesha. . Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, restorasi yaitu pengembalian atau pemulihan ke keadaan semula (tentang gedung bersejarah, kedudukan raja, negara); atau pemugaran. Arca Ganesha ini berasal dari Candi Banon sekitar abad 8-9 Masehi, yang ditemukan di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 😊 . #SahabatDikbud, Candi Banon ditemukan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1935. Candi Banon disebut demikian, karena terbuat dari bata, sesuatu yang jarang ditemui di wilayah Jawa Tengah tapi lazim di Jawa Timur. Lima arca yang ditemukan telah disimpan di museum. Salah satu di antaranya adalah Arca Ganesha yang disimpan di Museum Nasional Indonesia. . Yuk, simak proses restorasinya pada video! 👍😊 . #MerdekaBelajar #CandiBanon #TanggapPerbaiki #ArcaGanesha #PemajuanKebudayaan #StrategiKebudayaan . #UnggahUlang @museum_nasional_indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) pada


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com