Kamis , 29 Oktober 2020

Inilah Pemilik Mobil Pertama di Indonesia

18 Juni 2020 19:31 WIB


Mercedes Benz Victoria Phaeton milik Raja Keraton Kasunanan Surakarta Pakubuwono X (Dok. Istimewa/Instagram-@belajarsejarah.id)

Solotrust.com - Kendaraan bermotor roda empat atau mobil merupakan kendaraan tergolong barang mewah untuk beberapa kalangan, apalagi di saat zaman kerajaan dahulu kala. Bukanlah orang sembarangan kala itu mempunyai mobil, hanya orang penting serta punya kedudukan bisa memilikinya.

Sejarah mencatat di Indonesia mobil kali pertama dimiliki Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Pakubuwono X. Seperti dilansir dari akun Instagram @belajarsejarah.id, Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono X adalah orang Indonesia pertama yang memiliki mobil.



Adapun jenis mobil milik Pakubuwono X ialah Mercedes Benz Victoria Phaeton. Mobil itu saat ini berada di Museum Louwman Belanda dan menjadi salah satu koleksi kendaraan beroda empat paling kuno dan bersejarah di dunia.

Menurut akun @belajarsejarah.id, versi yang banyak ditemui tentang keberadaan mobil itu hingga bisa berada di Belanda ialah karena mobil Mercedes Benz Victoria Phaeton menjadi salah satu barang rampasan. Saat Belanda menjajah Indonesia, mereka memboyong mobil yang masuk ke Indonesia pada 1894 itu untuk dibawa ke negeri asalnya. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com