Jumat , 30 Oktober 2020

UMS Masuk 200 Perguruan Tinggi Terbaik Asia Bersama 17 Kampus Lain Dari Indonesia

22 Juni 2020 14:02 WIB


Mahasiswa FKIP UMS mengikuti upacara pelepasan Program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) Reguler dan Terintegrasi Skripsi, di halaman Gedung Induk Siti Walidah, Senin (20/01/2019)

 

SOLO, solotrust.com- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masuk dalam daftar 200 Perguruan tinggi (PT) terbaik Asia Bersama 17 kampus lain dari Indonesia. Hal itu berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).



UMS sendiri berada di peringkat ke 131 dimana pemeringkatan dilakukan oleh UniRank atau 4 Internasional Colleges and University (4ICU). Lima besar negara terbanyak yang mencatatkan Perguruan Tingginya di 200 terbaik di Asia adalah Tiongkok sebanyak 91 perguruan tinggi, Indonesia 18, Jepang 15, India 9 dan Taiwan 9.

Perangkingan sendiri menggunakan algoritma lima metrik web yang netral dan independen. Data diolah dari lima sumber laman kecerdasan yang berbeda yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Similiar Web Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow.

"Prestasi UMS yang masuk 200 terbaik di Asia ini sebenarnya mengulang prestasi yang sama di tahun 2019. Hanya saja pada tahun 2019, UMS menduduki di urutan 157 terbaik, sedangkan pada tahun 2020 urutan UMS ada di posisi 131. Dengan demikian ada lonjakan prestasi di tahun 2020 ini," ujar Rektor UMS, Prof Sofyan Anif, Senin (22/6/2020).

Dari total 18 perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk 200 rangking Asia, UMS berada di urutan nomor 11. Sedangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di urutan pertama sebagai perguruan tinggi terbaik dari Indonesia. UGM menduduki peringkat ke-35 dari 200 perguruan tinggi terbaik Asia.

"UniRank mencari 200 perguruan tinggi terbaik di Asia terdiri dari PTN dan PTS. UMS nomor 131. UMS juga tetap mempertahankan sebagai PTS itu rangking pertama di Indonesia. Tapi kalau disandingkan dengan perguruan tinggi dari Indonesia, UMS nomor 11," imbuh Prof Anif.

Prof Anif menjelaskan, kriteria penilaian dari 4icu.org mencakup beberapa hal. Di antaranya, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut. Selain itu, perguruan tinggi yang menyediakan program pendidikan dari sarjana, magister hingga doktoral.

"UniRank atau 4icu.org merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang bisa dilihat dari skala global, region, maupun masing-masing negara. (awa)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com