Rabu , 5 Agustus 2020

Karya Foto Korban Covid-19, Upaya Sadarkan Bahaya Corona

18 Juli 2020 20:33 WIB


Foto korban Covid-19 karya Joshua Irwandi (Sumber: Instagram-@joshirwandi)

Solotrust.com - Banyak yang bisa diceritakan dalam sebuah bingkai foto. Lewat gambar visual tanpa narasi pun terkadang sudah bisa menyampaikan pesan kepada orang yang melihatnya.

Pun demikian dengan sebuah gambar yang berhasil diabadikan fotografer Joshua Irwandi. Karya terbarunya cukup membuat orang tertegun, di mana dirinya memotret jenazah penderita virus corona (Covid-19) yang dibungkus sedemikian rupa dengan plastik.



Foto itu diunggah di akun Instagram pribadinya, @joshirwandi. Foto tersebut nantinya akan keluar bersama sebuah artikel di majalah National Geographic edisi Agustus 2020 mendatang. Selain mengunggah foto yang menggemparkan dunia maya, Joshua Irwandi juga menceritakan perasaannya ketika harus menjepret objek tersebut.

"Saat memotret korban virus corona di Indonesia adalah paling memilukan yang pernah saya lakukan," tulis Joshua Irwandi dalam caption-nya.

Ia kemudian menambahkan, mungkin yang terjadi pada korban Covid-19 ini juga bisa menimpa orang-orang yang dicintai di sekitarnya. Joshua Irwandi juga mengapresiasi perjuangan para dokter dan tenaga medis yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk kita semua. Satu-satunya cara untuk menghargai kerja mereka adalah dengan menaati segala hal yang telah disarankan.

"Gambar ini sengaja diunggah di sini, hari ini sebagai pengingat dan peringatan akan bahaya yang terjadi," jelas Joshua Irwandi memberi alasan diunggahnya foto di akun Instagramnya.

Joshua juga memperingatkan bahaya gelombang kedua virus corona yang mungkin terjadi dan tak bisa dianggap remeh. Ia teringat email yang dikirimkan mendiang pamannya untuk selalu mengabarkan sebuah kejadian dengan kamera fotonya agar dunia menjadi tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Joshua Irwandi meminta agar masyarakat menyikapi hal ini dengan sebuah tindakan sebab pandemi adalah pertempuran dalam hidup. Menurutnya, kita harus bisa memenangkan pertempuran melawan Covid-19. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com