Jumat , 4 Desember 2020

Legendaris! Jasa Bengkel Kepala Sapi dan Kambing di Semarang

1 Agustus 2020 10:34 WIB


Bengkel kepala hewan kurban di Kampung Bustaman, Jalan MT Haryono, Semarang.

SEMARANG, solotrust.com- Sejumlah warga di Kampung Bustaman, Jalan MT Haryono, Semarang Tengah mempunyai kebiasaan berbeda dalam memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Adha. Mayoritas diantaranya menyibukkan diri dengan rutinitas membuka jasa membersihkan bagian kepala dan kaki hewan kurban.

Jasa membersihkan bagian kepala dan kaki hewan kurban ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, bahkan menjadi pekerjaan turun temurun tiga generasi. Saat lebaran Idul Adha tiba, pekerjaan jasa bengkel kepala meningkat. Dalam menawarkan jasa ini setidaknya ada sekitar tujuh kelompok di sepanjang depan Kampung Bustaman.



Salah Satu Pemilik  Jasa Bengkel Kepala, Siti Nurkanah mengatakan, jasa ini sudah turun temurun di lakukan oleh warga Bustaman Semarang. Ia sendiri sebagai penerus dari orangtuanya, bahkan anak-anaknya pun di waktu lengang ikut membantu pekerjaanya juga.

“Anak-anak, cucu-cucu jadi meneruskan genersi ini.” Kata Pemilik jasa pengupasan kepala hewan kurban, Siti Nurkanah.

Untuk satu paket pengulitan yang terdiri dari kepala dan kaki sapi harga yang di bandrol berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu, sedangkan untuk kepala dan kaki kambing harga berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu.

Pesanan berlimpah di Hari Raya Idul Adha ini sehingga ia melibatkan sanak saudara untuk ikut melayani permintaan pelanggan.

Bengkel kepala di Kampung Bustaman sudah diakui dan melegenda, pengguna jasanya pun datang dari berbagai daerah di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya.

Masdi, pengguna jasa ini setiap tahun selalu datang untuk membersihkan bagian kepala hewan kurban, karena dikerjakan dengan cepat dan hasilnya juga bersih.

“Biasanya kalau membersihkan sendiri itu kan dibakar, kalau di sini kan direbus terus ditelatenin dikerokin pelan-pelan.” Jelasnya.

Khusus Hari Raya Idul Adha, bengkel kepala buka pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Selain menerima jasa pembersihan, para mereka juga menerima jasa memasak hewan kurban manakala diminta, mulai dari gule, tengkleng, hingga bestik. Untuk tiap menu masakan di brandol Rp 500 ribu. (vit)


 

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com