Entertainment

Akankah BTS Masuk Nominasi Grammy Tahun Ini?

Musik & Film

4 September 2020 12:15 WIB

BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - BTS dengan lagunya "Dynamite" menjadi artis Korea Selatan pertama yang memuncaki chart Billboard HOT 100. Dengan capaian itu, BTS mungkin saja masuk nominasi Grammy untuk pertama kalinya tahun ini.

J-Hope dalam wawancaranya dengan The Associated Press (AP) yang diunggah 3 September 2020 mengatakan bahwa masuk nominasi Grammy adalah hal yang bermakna, bahkan untuk artis Barat yang terkenal sekalipun seperti Travis Scott.



"Dan membayangkan bahwa kami dapat dinominasikan untuk Grammy, sekali lagi, itu akan menjadi suatu kehormatan dan perasaan yang luar biasa," katanya.

Nominasi Grammy 2021 akan diumumkan akhir tahun ini. Grammy sendiri tidak memiliki kategori K-pop, dan meskipun ada kategori best world music album (album musik dunia terbaik), tidak ada kategori lagu untuk world music dan musik internasional, sehingga "Dynamite" mungkin akan masuk nominasi best pop duo/group performance (penampilan duo/grup pop terbaik).

Sementara itu Forbes memprediksi bahwa album "Map of the Soul: 7" yang rilis Februari lalu, yang sampai pertengahan 2020 merupakan album fisik terlaris di AS, memiliki kemungkinan menerima nominasi tahun ini. 

"Meski single baru band itu 'Dynamite' tidak ditampilkan dalam daftar lagu (dalam Map of the Soul: 7), fakta bahwa mereka baru saja mendapatkan nomor 1 yang bersejarah harusnya mengingatkan para pemilih betapa dicintai dan suksesnya mereka," tulis Forbes. Lagu utama album itu yakni "ON" juga berhasil mencapai posisi ke-4 Billboard HOT 100.

Saat menghelat konferensi pers online paska memuncaki chart Billboard HOT 100 pada 2 September, BTS juga berbagi tentang keinginannya tampil dan meraih penghargaan di Grammy Awards.

"Kami pernah tampil di Grammy dalam sebuah kolaborasi. Kali ini kami ingin tampil sebagai artis yang berdiri sendiri. Menerima penghargaan akan luar biasa, tapi itu sebenarnya tidak mungkin hanya dengan kemauan kami sendiri, tetapi membutuhkan bantuan dari banyak orang," kata Suga.

RM mengatakan, "Grammy Awards adalah acara yang diimpikan semua orang. Kami ingin tampil solo dan tentu saja kami ingin dinominasikan dan mungkin memenangkan penghargaan.

Pada bulan Januari lalu, BTS tampil berkolaborasi dengan Lil Nas X di panggung Grammy ke-62. BTS pun menjadi artis Korea Selatan pertama yang tampil di penghargaan musik itu.

Dalam wawancaranya dengan AP, saat ditanya apakah BTS merasa mulai mendapatkan lebih banyak rasa hormat dari AS, RM mengatakan, "Kami benar-benar merasakannya."

 “Menurut saya dalam perspektif budaya, saya pikir sangat penting untuk menjadi familiar. Jadi pertama-tama, kami berpikir bahwa bagi banyak orang Amerika (mereka) tidak mengenal (kami) - kami terlihat berbeda, kami (bernyanyi) berbeda, kami memiliki beberapa koreografi, video musik, semuanya, bahkan gaya hidup yang berbeda," kata leader BTS itu.

Ia melanjutkan, "Tapi saya pikir seiring berjalannya waktu, kami melakukan pertunjukan, lagu, konser, dan penghargaan ini, saya pikir cukup banyak orang di pasar musik Amerika yang semakin dekat (dengan kami). Saya pikir itu sangat bagus dan itulah yang sebenarnya kami inginkan." (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya