Rabu , 12 Mei 2021

Malang! Aktor Stephen Chow Dikabarkan Bangkrut

14 Oktober 2020 20:31 WIB


Stephen Chow (Foto: todayonline.com)

Solotrust.com - Vicki Zhao bukan satu-satunya aktris Tiongkok yang dirundung masalah hukum dan keuangan akhir-akhir ini. Laporan terbaru menyebut aktor sekaligus sutradara Hongkong, Stephen Chow punya hutang fantastis kepada investor sekaligus mantan pacarnya, ahli waris konstruksi Yu Manfung. Tak tanggung-tanggung, hutangnya mencapai US$47,4 juta atau sekira Rp700 miliar.
 
Melansir Today Online, Rabu (14/10/2020), kesulitan finansial dialami Stephen Chow diduga dimulai pada 2012 ketika Manfung yang sempat menjalin hubungan 13 tahun dengan Stephen berakhir pada 2010, menggugat bintang berusia 58 tahun itu sebesar US$14 juta. Jumlah itu diklaim merupakan hutang Stephen Chow sebagai komisi atas penjualan rumah mewah kepada Manfung di kawasan The Peak, Hongkong.
 
Manfung merasa dia seharusnya berhak atas bayaran sepuluh persen dari penjualan yang berarti sekira HK$80 juta. Menurut Manfung, dia baru menerima HK$10 juta (US$1,75 juta) sejauh ini. Namun, Stephen mengatakan jumlah itu dibuat atas niat baik dan berakhir ditolak karena komisinya. Kasus ini kemudian masuk ke pengadilan pada November mendatang.
 
Selain itu, Stephen Chow juga dikabarkan punya setumpuk hutang kepada investor. Pada 2016, terjadi kesepakatan di mana investor berkomitmen untuk berinvestasi sebesar HK$1,33 miliar (US$230 juta) di perusahaan Stephen. Ia menjamin sang investor bakal dapat keuntungan sebesar HK$1,04 miliar (US$180 juta) setelah empat tahun.
 
Menurut sumber, segala sesuatunya berjalan cukup lancar dalam tiga tahun pertama. Perusahaan Stephen Chow mencatat keuntungan total sebesar HK$670 juta (US$117 juta). Namun di tahun keempat, yakni pada 2020 ini investor hanya menerima HK$160 juta (US$30 juta). Hal itu tak lain lantaran adanya pandemi Covid-19 yang telah menjungkirbalikkan industri film global. Perusahaan belum menghitung penghasilan pada kuartal I 2020, meski sudah terprediksi negatif.
 
Berakhirnya perjanjian dengan investor dan Stephen tak dapat memenuhi targetnya membuat investor terus mengejarnya karena kekurangan uang. Bahkan, investor sampai meminta Stephen Chow untuk kembali membeli saham mereka.
 
Pada Juni lalu, dikabarkan Stephen Chow telah menggadaikan rumah mewahnya untuk membayar hutang. Saat itu, ada yang tertarik menawar rumahnya seharga HK$1,1 miliar (US$198 juta), namun Stephen Chow tak mau melepasnya. (and)

(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com