Kamis , 3 Desember 2020

Gelar Festival Bambangan Cakil, Kades Pengkoljagong “Ngadep” Gubernur

17 Oktober 2020 09:05 WIB


Kepala Desa Pengkoljagong, Sugiyono saat menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

BLORA, solotrust.com- Bersiap mengulang kesuksesan Pengkoljagong Mural Festival 2020 pada Agustus lalu, dalam waktu dekat Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora segera menggelar Festival Bambangan Cakil. Kepala Desa Pengkoljagong, Sugiyono datang ke Semarang untuk menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Sabtu (10/10/2020). Kepada Ganjar Pranowo disampaikan perihal Festival Bambang Cakil 2020 yang akan digelar bulan Desember tahun ini di desa Pengkoljagong. Dalam kesempatan yang sama, Sugiyono juga mengenalkan sandal unik, salah satu produk unggulan UMKM Desa Pengkol Jagong, tepatnya Dusun Temuireng.

 “Tekuni apapun itu dari hal yang terkecil, termasuk keinginan menggelar festival Bambangan Cakil,” Ujar Ganjar kala itu.



Dalam pertemuan tersebut Gubernur mengapresiasi langkah kegiatan ini, karena nantinya akan mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat desa. Sehingga dirinya berharap agar kegiatan semacam ini menjadi agenda rutin, yang digelar secara berkelanjutan. Meski demikian, selama masih ada wabah pandemi covid 19,  pihaknya berharap kegiatan ini tetap mengedepankan protokoler kesehatan covid 19.

“Kalau bisa jangan hanya tahun ini, menggelar Festival Bambangan Cakil. Buat sebagai acara atau agenda tahunan desa,” Imbuh Ganjar.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Sugiyono menyampaikan Festival Bambangan Cakil ini digelar untuk mengenalkan kembali seni tari Bambangan Cakil ke masyarakat terutama generasi muda.

“Budaya yang berasal dari Jawa Tengah ini hampir punah di kalangan generasi muda, selain itu, ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan Pengkoljagong sebagai desa wisata.”ungkapnya. (nas)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com