Rabu , 25 November 2020

Suga Jalani Operasi Bahu, Hentikan Sementara Aktivitasnya di BTS untuk Pemulihan

08 November 2020 18:03 WIB


Suga BTS dalam foto konsep album "BE" (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - Suga BTS akan menghentikan aktivitasnya sementara waktu paska menjalani operasi akibat cedera bahu.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis Big Hit Entertainment pada 6 November, dikatakan bahwa Suga menjalani operasi untuk memperbaiki labrum bahunya yang robek pada 3 November.



"Suga menjalani operasi untuk memperbaiki labrum pundaknya yang robek pada 3 November. Operasi untuk mengatasi masalah yang selalu menjadi masalah kesehatan dan kebugaran Suga itu berhasil diselesaikan. Saat ini dia sedang beristirahat dan memulihkan diri mengikuti nasihat dokternya, yangmana Suga harus menjalani periode pemulihan yang ketat dan tanpa hambatan," demikian kata Big Hit.

Suga diketahui sudah lama menderita masalah kesehatan terkait bahu. Masalah bahu Suga dimulai ketika dia terluka dalam kecelakaan yang terjadi pada tahun 2012 sebelum debutnya, dan dia didiagnosis dengan dislokasi bahu pada tahun 2013.

Nyeri bahu berlanjut sampai dia didiagnosis lebih lanjut pada tahun 2019 dengan robekan labral posterior bahu kirinya, yang artinya tulang rawan di sekitar sendi bahu kirinya telah robek. Sejak itu, ia terus menerima berbagai perawatan untuk mencegah cederanya memengaruhi aktivitasnya.

Suga telah lama menderita berbagai gejala termasuk ketidakmampuan untuk mengangkat lengannya tinggi-tinggi dan rasa sakit yang tiba-tiba. Dia menjalani rehabilitasi dan perawatan terus-menerus selama karirnya, tetapi sayangnya gejalanya tidak membaik secara terukur.

Gejala-gejala ini telah muncul dengan frekuensi yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, mempengaruhi Suga tidak hanya di atas panggung tetapi juga dalam kehidupan sehari-harinya.

Suga memutuskan untuk menjalani operasi sebagai persiapan untuk dinas wajib militernya serta karirnya setelahnya.

"Suga juga merasa bahwa penting baginya untuk memulihkan kesehatannya guna mempersiapkan wajib militernya serta karir musik pasca-dinasnya. Setelah diskusi ekstensif dengan perusahaan, keputusan dibuat untuk menjalani prosedur pembedahan," kata Big Hit.

Setelah operasi, Suga tidak dapat berpartisipasi dalam sebagian besar aktivitas resmi sehingga dia dapat sepenuhnya fokus pada pemulihannya. Setelah dokter menentukan bahwa tempat operasi telah sembuh dengan cukup, Suga akan memulai terapi fisik sehingga pada akhirnya dia dapat kembali ke tahap yang sehat dan pulih sepenuhnya.

"Mungkin sulit bagi Suga untuk bertemu penggemar yang telah lama ditunggu-tunggu untuk beberapa waktu, termasuk untuk kegiatan promosi album BTS "BE" yang akan datang. Kami meminta maaf kepada setiap penggemar yang telah menunggu dengan sabar untuk bertemu Suga lagi, dan kami meminta pengertian Anda yang murah hati dan penuh kasih," pinta Big Hit.

Suga berharap para penggemarnya tahu bahwa dia "sangat menyadari betapa prihatin dan khawatirnya para penggemar dan tau betapa sedihnya perasaan para penggemar."

Dia berkata, "Tolong pahami kali ini sebagai kesempatanku untuk bersiap bertemu denganmu lagi dengan lebih kuat dan sehat, dan bahkan jika aku harus pergi sebentar, tolong tunggu aku kembali kepadamu."

Rapper BTS itu pun memberitahukan keadaanya saat ini via Weverse di hari yang sama. "Setelah pengumuman tersebut, banyak orang yang khawatir, jadi saya minta maaf dan sangat berterima kasih. Syukurlah, operasinya berjalan dengan baik. Keadaan saya saat ini adalah bahwa saya benar-benar merasakan sakit tetapi saya sangat lega," tulis Suga.

Ia melanjutkan, "Karena tampil adalah bagian dari pekerjaan saya, saya berusaha menghindari operasi sebanyak yang saya bisa dan bertahan dengan rehabilitasi dan suntikan. Namun, saya takut karena semakin parah lagi setiap kali saya tampil. Jadi setelah tiga dari empat rumah sakit mengatakan bahwa akan lebih baik untuk melakukan operasi mengingat kondisi saya, saya menjalani operasi."

 

"Saya tidak dapat mengikuti jadwal aktivitas untuk saat ini, jadi saya merasa kasihan kepada anggota dan ARMY. Saya rasa ini juga memalukan. Saya akan pergi sebentar agar saya bisa pulih secepatnya, tapi saya akan segera kembali. Tidak akan lama! Sekali lagi, saya minta maaf dan terima kasih, ARMY!," tutup Suga.

Saat masa promosi album "Map of the Soul:7" misalnya, Suga menjadi perhatian fans lantaran tidak mampu mengangkat lengan kirinya saat tampil membawakan "Black Swan" di salah satu acara musik pada 28 Februari 2020.

Melihat hal itu, fans pun ramai mencuitkan tagar #GetWellSoonYoongi atau semoga lekas sembuh dengan nama lahir Suga yakni Min Yoon Gi. Fans melihat Suga kesulitan mengangkat satu lengannya.

Salah satu komentar dari penggemar dengan ID Tae Min dalam video "Black Swan" di Music Bank pun mengatakan, "Adakah yang tidak akan berbicara tentang Yoongi? Lihat saja dia melakukannya dengan sangat baik, meskipun dia merasa sakit di bahu kirinya. Angkat topi untuk Yoongi."

Suga sendiri sebelumnya pernah mengungkapkan bahwa ia pernah mengalami kecelakaan sepeda motor sebelum debut, yang membuat bahu kirinya cedera. Ia mengatakan sehari setelah kecelakaan itu ia tidak bisa menggerakkan bahunya. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com