Selasa , 1 Desember 2020

Relawan Lereng Merapi Klaten Dirikan Dapur Umum dan Tempat Pengungsian

8 November 2020 10:09 WIB


Posko pengungsian di Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

KLATEN, solotrust.com- Aktivitas Gunung Merapi masuk pada level waspada tiga. Kini puluhan relawan di  lereng Gunung Merapi mulai membuat posko pengungsian yang ditempatkan di Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

ketua relawan pengungsian di Desa Tegalmulyo, Subur mengatakan, ada tiga dukuh di desa Tegalmulyo yang  dikategorikan Kawasan Rentan Bencana (KRB) dari puncak Gunung Merapi di desa setempat. Tiga dukuh tersebut yakni, Dukuh Canguk, Pajegan dan Dukuh Sumur.



“Ini pengungsian sudah mulai Jumat kemarin, semenjak ada informasi Gunung Merapi dinyatakan level tiga,” katanya kepada solotrust.com, Sabtu (7/11/2020).

Sementara balai Desa Tegalmulyo ini yang digunakan sebagai tempat pengungsian sementara masuk kategori KRB dua atau enam kilometer dari puncak Gunung Merapi.

“Sementara ini yang mengungsi para lansia, anak anak serta ibu hamil. Dan waktu pengungsian dilakukan warga tiga dukuh tersebut pada pukul 18.00 wib sampai pagi hari atau habis subuh mereka kembali naik di rumahnya masing masing,” ujar Subur.

Ditambahkanya, sementara dapur umum dan tempat pengungsian ini dimulai pada Jumat kemarin setelah Gunung Merapi dinyatakan waspada level tiga.

“Ya, setelah dinyatakan level tiga, kami langsung mendirikan pengungsian dan dapur umum,” tandasnya. (Jaka)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com