Rabu , 2 Desember 2020

Yamaha Gaet Cal Crutchlow Jadi Test Rider Musim 2021

14 November 2020 16:31 WIB


Cal Crutchlow (Foto: motogp.com)

Solotrust.com - Yamaha Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Racing secara resmi mengumumkan salah satu pembalap MotoGP ™ andal, Cal Crutchlow bakal memperkuat tim mereka sebagai test rider alias pembalap penguji untuk motor pabrikan musim 2021.

Dimulai di shakedown test MotoGP ™ di Sepang, Malaysia pada 14 hingga 16 Februari mendatang, Cal Crutchlow akan mengendarai YZR-M1. Dia juga akan ambil bagian dalam Tes IRTA Resmi dan tes pribadi Yamaha lainnya, dengan tujuan untuk membantu para insinyur Yamaha dalam program pengembangan MotoGP ™. Sepuluh tahun berkarier di MotoGP ™ dengan tiga pabrikan berbeda, menjadikan Crutchlow pembalap ideal untuk posisi ini.



Pembalap 35 tahun ini juga berpeluang membalap lewat jalur wildcard jika dianggap bermanfaat untuk program pengujian. Crutchlow pun telah mengonfirmasi ketersediaannya menjadi pembalap pengganti apabila salah satu pembalap MotoGP ™ Yamaha harus absen karena sakit atau cedera.

Crutchlow dan Yamaha sejatinya telah menjalin kebersamaan cukup panjang. Pembalap Inggris itu pernah memenangkan Kejuaraan Supersport Dunia 2009 (WorldSSP) bersama Yamaha. Dia kemudian naik ke Kejuaraan Dunia Superbike (WorldSBK) pada tahun berikutnya dan mencetak sepuluh podium, termasuk tiga kemenangan yang membawanya menempati posisi kelima di papan klasemen akhir.

Keberhasilan ini membuka peluang untuk melakukan debut MotoGP ™ pada 2011 dengan tim satelit Yamaha pada saat itu, Monster Energy Yamaha Tech3. Crutchlow menghabiskan tiga tahun waktunya di MotoGP bersama tim ini.

Di lain pihak, Yamaha Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Racing mengucapkan rasa terima kasih kepada Jorge Lorenzo atas perannya sebagai test rider Yamaha musim ini. Yamaha pun berharap yang terbaik untuk pembalap berjuluk Por Fuera itu di masa depan.

“Tentu saja, kami telah merencanakan dan mengharapkan program yang kuat tahun ini bersama Jorge. Sayangnya, tim penguji pabrikan kami harus menunda rencana mereka karena pandemi Covid-19. Sangat disayangkan bahwa kami belum dapat menjalankan program pengujian kami dan mewujudkan tujuan kami. Kami mendoakan yang terbaik untuk Jorge di masa depan, dan kami berterima kasih atas kolaborasinya selama bertahun-tahun dengan Yamaha," kata Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, dikutip dari laman resmi MotoGP, motogp.com, Sabtu (14/11/2020). (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com