Senin , 12 April 2021

Tabir Surya dari Limbah Karya Mahasiswa UNS Juarai LKTIN SSC Unsoed

18 Desember 2020 20:31 WIB


Tiga mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UNS berhasil menggondol predikat juara tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN)

SOLO, solotrust.com - Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil menggondol predikat juara tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) dalam Soedirman Science Competition (SSC) yang diselenggarakan akhir September 2020 lalu.

Ketiga mahasiswa itu, Ica Desti sebagai ketua, Sofia Rodiana dan Nur Laila Zahara sebagai anggota mengikuti lomba karya tulis ilmiah diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dan Riset Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Dengan tema Kontribusi Generasi Muda Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Ica dan timnya membawa gagasan pembuatan tabir surya dari limbah kulit semangka dan serabut kelapa.



"Dilatarbelakangi oleh penggunaan tabir surya yang sudah populer digunakan masyarakat luas. Namun, kebanyakan masih menggunakan bahan kimia yang kurang ramah lingkungan dan kulit. Oleh karena itu, kami memiliki terobosan baru, yaitu menggunakan bahan alam atau limbah  yang sudah tidak terpakai," beber Sofia Rodiana, Jumat (18/12/2020).

Pemilihan bahan baku limbah kulit semangka memiliki alasan tersendiri, salah satunya adanya kandungan senyawa antioksidan di dalamnya.

“Kandungan dari limbah kulit semangka cocok sebagai bahan sediaan tabir surya, juga senyawa antioksidan pada serabut kelapa. Alasan kedua, ini masuk limbah yang belum termanfaatkan, sehingga secara ekonomis biayanya rendah,” imbuh Sofia Rodiana.

Tim diketuai Ica ini berhasil mengalahkan 84 tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sofia Rodiana berharap melalui torehan prestasi yang telah berhasil mereka raih, dapat menciptakan iklim positif agar bisa terus produktif.

"Semoga bisa menciptakan iklim dan bisa memberikan semangat buat teman-teman. Meskipun pandemi, terus berkarya dan terus menginspirasi, memberikan yang terbaik, mengurangi rasa malas, melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat dan coba untuk beraksi, dan jangan lupa submit lomba,” tukasnya. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com