Entertainment

Ini Alasan Soyeon (G)I-DLE Tidak Izinkan Anggotanya Ambil Pelajaran Vokal

Selebritis

28 Februari 2021 12:03 WIB

Soyeon dalam MV "Hwaa" (Dok. Cube Entertainment)

Solotrust.com -Dalam dunia K-Pop, trainee (murid pelatihan) umumnya fokus pada pelajaran vokal, rap dan tari. Namun bagi (G)I-DLE, Soyeon selaku leader, rapper dan pencipta lagu di grup itu tidak mengizinkan anggotanya untuk mengambil pelajaran vokal.

Dalam acara "sofaaway" yang diunggah di channel YouTube "Everybody’s Audition" baru-baru ini, pembawa acara menyebut tentang komentar Soyeon dalam wawancara untuk Majalah Marie Claire Korea edisi Januari 2021, yakni tentang tidak mengizinkan para anggotanya mengikuti pelajaran vokal.



Terkait ini Soyeon menjelaskan bahwa dia bukannya tidak membiarkan anggotanya mengambil pelajaran vokal, namun dia tau bahwa pelatihan vokal bukanlah metode terbaik untuk grup karena fokusnya pada individualitas.

Soyeon mengakui bahwa ketika mereka masih menjadi trainee, dia tidak menyukai pelajaran yang dia jalani karena mereka diajar dengan begitu banyak struktur. Saat para anggota mengambil kelas vokal, Soyeon mengatakan semuanya terfokus pada nada tinggi. Namun, teknik yang mereka pelajari untuk mencapai nada tersebut akhirnya menghilangkan nada vokal mereka yang unik dan berbeda.

"Rasanya seperti kehilangan individualitas karena pita suara setiap orang berbeda, tetapi kami diajari teknik dan metode yang sama," kata Soyeon.

Meskipun begitu, Soyeon menjelaskan bahwa dia menemukan seorang guru khusus yang dapat menemukan kekhasan setiap anggota. Minnie pun awalnya ragu tentang itu. Namun setelah melihat efek dari pendekatan baru tersebut, mereka menyadari bahwa Soyeon benar. Ia juga menyebut individualitas sebagai aspek yang membuat (G)I-DLE lengkap.

Soyeon juga mengatakan trik yang dia gunakan untuk mengeluarkan individualitas setiap anggota di studio rekaman. Trik itu adalah dia meminta mereka untuk mengatakan "halo" dan meminta mereka menyanyi dengan suara itu.

(G)I-DLE bulan lalu kembali dengan album terbarunya "I Burn" dengan lagu utamanya "화(火花)" atau "Hwaa". Album itu berhasil memuncaki 51 negara/region seperti Kanada, Belanda, Selandia Baru, Rusia, Italia, Brazil, dan Finlandia. (Lin)

(wd)