Selasa , 11 Mei 2021

Korsel Akan Buat Pusat Konser Online

7 Maret 2021 18:09 WIB


Sebuah cetak biru yang dirilis oleh Kementerian Kebudayaan Korsel yang menunjukkan aula konser online yang dikelola negara. (Dok. Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan)

Solotrust.com -Pemerintah Korea Selatan akan membuat tempat khusus untuk konser online. Sebagaimana dikabarkan Ajunews (3/3), tempat konser ini akan dibuat untuk mendukung pertunjukan tanpa tatap muka sebagai industri baru dan mendukung label musik kecil dan menengah, pemula serta musisi indie yang tidak mampu memproduksi pertunjukan online karena tingginya biaya produksi.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada tanggal 3 Maret bahwa aula pertunjukan serba guna di Olympic Park di tenggara Seoul akan terlahir kembali menjadi sebuah pusat konser online dengan suntikan dana 20 miliar Won (sekitar Rp253 miliar). Renovasi akan selesai pada bulan Oktober.



Industri musik Korea terpukul karena covid-19, yang menyebabkan artis-artis harus membatalkan konser offlinenya. Namun BTS mengubah paradigma konser dengan menggelar konser online berbayar. Industri musik domestik kini mencoba untuk menemukan model bisnis baru dengan tolak ukur konser BTS, namun biayanya yang mahal menjadi kendala.

"Cara membuat konten yang berbeda secara global dengan menggabungkan konten offline dan teknologi canggih merupakan elemen penting untuk pengembangan industri konten di masa depan," kata seorang pejabat kementerian. Ia menambahkan bahwa konser online telah menjadi area baru konten budaya.

Kementerian itu juga mengatakan, "Kami berharap Korea Selatan akan mendominasi pasar pertunjukan online tanpa tatap muka dan berkontribusi pada penyebaraan Hallyu (gelombang budaya Korea) melalui konvergensi berbagai konten dan teknologi yang dimiliki agensi kecil dan menengah.

Lebih lanjut, aula konser itu akan dilengkapi LED, pelacakan kamera dan sistem pelacakan objek, sound system real-time, dan server konten real-time. Sistem pelacakan kamera menyinkronkan konten virtual dan augmented reality ke sudut pandang kamera untuk mewujudkan ruang virtual 3D.

Sementara itu sistem pelacakan objek melacak lokasi pemain dan objek, menghitung korelasi, dan mentransmisikan special effects atau grafis virtual dan augmented reality yang dihasilkan secara real-time ke layar real-time untuk meningkatkan realitas dunia maya dan nyata. Server konten real-time ini menghasilkan dan mengirimkan gambar konten 3D berkualitas tinggi. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com