Entertainment

BTS Jadi Artis Rekaman Terlaris di Dunia 2020

Musik & Film

7 Maret 2021 22:04 WIB

BTS menjadi artis rekaman terlaris di dunia tahun 2020 (Dok. IFPI)

Solotrust.com -BTS menjadi artis rekaman terlaris di dunia tahun 2020. Hal ini diumumkan International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) pada 4 Maret 2021 waktu setempat. BTS meraih predikat "Global Recording Artist of the Year" atau artis rekaman global tahun ini, yang merupakan capaian pertama untuk artis asal Asia. 

Penghargaan ini didasarkan pada penjualan musik baik fisik maupun digital dalam tahun tersebut. BTS menempati peringkat kedua di chart yang sama pada tahun 2018 dan ketujuh pada 2019.



Pada tahun 2020, berturut-turut artis yang menempati peringkat kedua hingga kesepuluh adalah Taylor Swift, Drake, The Weeknd, Billie Eilish, Eminem, Post Malone, Ariana Grande, Juice Wrld, da Justin Bieber.

"BTS adalah fenomena global. Mereka memiliki tahun yang luar biasa lagi, merilis tiga album, dan terus menemukan cara kreatif dan menarik untuk berbagi cerita mereka dengan dunia," kata Frances Moore, kepala eksekutif IFPI dalam sebuah pernyataan.

IFPI mencatat bagaimana "Map of the Soul: 7" yang dirilis pada Februari tahun lalu adalah salah satu album yang paling banyak dipesan sepanjang masa dan menduduki puncak penjualan di lebih dari 20 negara. Album berbahasa Jepang mereka "Map of the Soul: 7 ~ The Journey ~" pada bulan Juli juga melampaui 500.000 kopi hanya dalam dua hari setelah dirilis.

Pada tahun 2020 BTS mencetak sejarah dengan "Dynamite", lagu berbahasa Inggris mereka yang menjadi lagu pertama oleh artis Korea Selatan yang memuncaki Billboard HOT 100. Selanjutnya "Life Goes On" menjadi lagu pertama yang kebanyakan dinyanyikan dalam Bahasa Korea yang juga memuncaki chart itu. BTS juga masuk nominasi Grammy tahun ini untuk kategori "Best Pop Duo/Group Performance". (Lin)

(wd)