Rabu , 12 Mei 2021

BTS Jadi Grup K-Pop Pertama yang Masuk Chart Single Digital Tahunan IFPI

11 Maret 2021 23:58 WIB


BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com -International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), organisasi yang mewakili industri rekaman musik di seluruh dunia mengumumkan chart "Global Digital Single" untuk tahun 2020 pada 9 Maret 2021. BTS untuk pertama kalinya masuk ke dalam chart itu dengan "Dynamite", yakni di peringkat ke-10.

Chart itu dipuncaki The Weeknd dengan "Blinding Lights", diikuti oleh Tones and I dengan "Dance Monkey", Roddy Ricch dengan "The Box", Saint Jhn dengan "Roses", Dua Lipa dengan "Don't Start Now", "Future (feat. Drake) dengan "Life Is Good", Xiao Zhan dengan "Made To Love", DaBaby (feat. Roddy Ricch) dengan "Rockstar", dan Billie Eilish dengan "Bad Guy".



Dengan ini BTS sekaligus menjadi grup K-Pop pertama yang pernah masuk dalam chart itu. Satu-satunya artis Korsel lain yang pernah masuk dalam chart tersebut adalah PSY, yang berada di posisi ke-3 dengan "Gangnam Style" pada 2012.

Chart ini diukur berdasarkan keberhasilan sebuah lagu pada semua format digital, termasuk download dan streaming, baik pada layanan langganan berbayar dan platform yang didukung iklan.

Minggu lalu IFPI juga mengumumkan bahwa BTS adalah artis rekaman terlaris di dunia tahun 2020. Grup itu meraih predikat "Global Recording Artist of the Year" atau artis rekaman global tahun ini, yang merupakan capaian pertama untuk artis asal Asia. 

Penghargaan ini didasarkan pada penjualan musik baik fisik maupun digital dalam tahun tersebut. BTS menempati peringkat kedua di chart yang sama pada tahun 2018 dan ketujuh pada 2019.

Pada tahun 2020, berturut-turut artis yang menempati peringkat kedua hingga kesepuluh adalah Taylor Swift, Drake, The Weeknd, Billie Eilish, Eminem, Post Malone, Ariana Grande, Juice Wrld, da Justin Bieber.

"BTS adalah fenomena global. Mereka memiliki tahun yang luar biasa lagi, merilis tiga album, dan terus menemukan cara kreatif dan menarik untuk berbagi cerita mereka dengan dunia," kata Frances Moore, kepala eksekutif IFPI dalam sebuah pernyataan.

IFPI mencatat bagaimana "Map of the Soul: 7" yang dirilis pada Februari tahun lalu adalah salah satu album yang paling banyak dipesan sepanjang masa dan menduduki puncak penjualan di lebih dari 20 negara. Album berbahasa Jepang mereka "Map of the Soul: 7 ~ The Journey ~" pada bulan Juli juga melampaui 500.000 kopi hanya dalam dua hari setelah dirilis.

Pada tahun 2020 BTS mencetak sejarah dengan "Dynamite", lagu berbahasa Inggris mereka yang menjadi lagu pertama oleh artis Korea Selatan yang memuncaki Billboard HOT 100. Selanjutnya "Life Goes On" menjadi lagu pertama yang kebanyakan dinyanyikan dalam Bahasa Korea yang juga memuncaki chart itu. BTS juga masuk nominasi Grammy tahun ini untuk kategori "Best Pop Duo/Group Performance". (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com