Kamis , 13 Mei 2021

Duh, Gara-gara Antusias Nonton Bioskop, Warga Malah Bikin Kerumunan

18 Maret 2021 10:42 WIB


Kerumunan di depan bioskop XXI Solo Paragon Mall saat dibuka kembali, Selasa (16/03/2021). Calon penonton dicek suhu badan, memakai hand sanitzer, dan scan barcode sebelum masuk studio.

SOLO, solotrust.com - Selama pandemi Covid-19, tak bisa dimungkiri industri hiburan seperti bioskop terpaksa tidak beroperasi. Dampaknya tentu saja tak hanya dirasakan operator dan mal lokasi bioskop, namun juga masyarakat yang merindukan hiburan tontonan.

Setelah sekira setahun menutup layanan pemutaran film, kini bioskop di Kota Solo kembali beroperasi. Langkah ini pastinya disambut gembira para pecinta sinema.



Nah, jika kamu termasuk salah satu penggemar berat film-film box office, Cinema XXI Solo Paragon Mall sudah mulai beroperasi kembali pada 16 Maret 2021. Tentu setelah mendapatkan izin operasional dari pemerintah Kota Solo serta mengantongi surat rekomendasi dari Satgas Covid-19 setempat.

Head of Marcomm Dept Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, bilang pekan lalu tim Gugus Tugas Covid-19 sudah meninjau lokasi di XXI. Namun persyaratan diminta Satuan Gugus Covid-19 untuk sesuai protokol kesehatan harus diikuti.

"Kami sangat menyambut baik dengan bukanya Cinema XXI ini. Lumayan sih, sudah terlihat ada kehidupan di XXI. Harapannya dapat menambah jumlah kunjungan di Solo Paragon. Kami juga mengimbau pengunjung tetap menjaga protokol kesehatan yang sudah ditentukan supaya semuanya berjalan dengan baik," terangnya pada media, Selasa (16/03/2021).

Kendati pembukaan berjalan lancar dan imbauan taat protokol kesehatan disampaikan, namun sempat terjadi kerumunan pengunjung saat mengantre masuk bioskop. Hal itu tak lepas dari antusiasme pengunjung, mengingat ini perdana bioskop dibuka sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Padahal pihak manajemen mal dan XXI sudah menyiagakan personel untuk mengatur jarak antrean. Veronica Lahji mengaku karena ini baru kali pertama sehingga terjadinya kerumunan akan menjadi bahan evaluasi pihak manajemen.

"Soal jaga jarak kami juga keluarkan personal internal dari sekuriti kami untuk membantu tim XXI menjaga social distancing-nya berjalan dengan rapi. Kami sudah mengupayakan. Kalau dilihat sebenarnya tidak ada antrean di pembelian tiket, jadi mayoritas sudah sadar online," tandas dia.

Pada operasional Cinema XXI perdana, jumlah pemutaran film tiga kali show. Jadwal paling akhir pukul 19.05 dan harus selesai sesuai jam operasional mal pukul 21.00 WIB. Adapun yang dioperasikan lima studio (2D dan 3D) serta satu studio premiere.

Setiap studio hanya menampung 50 persen dari kapasitas penonton. Studio 1 dan 2 dari 246 seat menjadi 117seat, Studio 3 dan 4 dari 158 seat menjadi 75 seat, serta Studio 5 dari 130 seat menjadi 61seat. Khusus untuk Studio The Premiere dari 40 seat hanya boleh diisi 18 seat saja.

Kabar gembiranya, harga tiket mengalami penurunan. Pada pemutaran Senin hingga Kamis dari Rp35 ribu menjadi Rp25 ribu, Jumat dari Rp40 ribu menjadi Rp30 ribu, dan Sabtu/Minggu/libur dari Rp55 ribu menjadi Rp35 ribu. Sementara untuk The Premiere, Senin hingga Kamis dari Rp50 ribu menjadi Rp40 ribu, Jumat dari Rp60 ribu menjadi Rp50 ribu, dan Sabtu/Minggu/libur yang biasanya Rp75 ribu menjadi Rp60 ribu.

Adapun film perdana yang diputar adalah Greenland, Raya and the Last Dragon, 10 Minutes Gon, Vanguard, Asih 2, dan The Premiere hanya memutar Greenland.

Salah seorang penonton bioskop, Ika Wulandari, mengaku mendapat informasi bioskop dibuka kembali dari sosial media. Ia pun senang dan tidak sabar ingin menonton film di bioskop. Baginya tidak masalah untuk mematuhi protokol kesehatan demi kesehatan bersama, asal kembali bisa menikmati menonton film di bioskop.

"Aku suka nonton film karena aku menjadikan film sebagai healing. Happy XXI dibuka lagi, jadi pengin nyoba nonton film. Denger-denger Doraemon bakal diputer. Aku excited pengin nonton, tapi ternyata Doraemon tidak ada di Solo," ungkap wanita berhijab itu.

Gimana denganmu Solotrusters, sudahkah mengagendakan acara nonton bioskop akhir pekan nanti? Satu hal yang pasti, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya. (rum)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com