Selasa , 13 April 2021

Cerita Iwan Fals tentang Mendiang Putranya dan Arti Nama Galang Rambu Anarki

25 Maret 2021 17:31 WIB


Iwan Fals (Foto: Instagram-@iwanfals)

Solotrust.com - Penyanyi kawakan Iwan Fals lewat akun YouTube Iwan Fals Musica,  meluncurkan konten podcast terbarunya di #NgalorNgidulnyaIwanFals, Rabu (24/03/2021). Pada unggahan terbarunya, Iwan Fals menceritakan kisah mendiang anak sulungnya, Galang Rambu Anarki.

"Oi, ini tentang anak pertama saya, Galang. Saya sebagai keluarga muda untuk anak pertama itu cukup blingsatan juga untuk menyambut keberadaannya, tapi alhamdulillah akhirnya lancar semua," ungkap sang musisi.



Kelahiran Galang Rambu Anarki saat itu bertepatan dengan malam tahun baru. Di waktu yang sama, pemerintah ketika itu menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Iwan mengaku kebingungan dan kerepotan memikirkan kebutuhan hidup manakala pemerintah tiba-tiba menaikkan harga BBM. Praktis, kebijakan itu membuat harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi.

Iwan Fals pun sempat mendendangkan lagu Galang Rambu Anarki yang ia bikin usai putranya lahir ke dunia. Harapan dan doa untuk Galang yang masih bayi pun terlontar lewat lirik-lirik lagunya.

Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto juga menceritakan proses kelahiran mantan kekasih Sha Ine Febriyanti ke dunia. Iwan yang pada saat itu audah menyiapkan segala peralatan untuk mendokumentasikan kelahiran Galang, akhirnya batal. Dirinya mengaku tegang ketika melihat istrinya berjuang sedemikian rupa melahirkan sang buah hati.

Usai putra pertamanya lahir, Iwan sempat keluar rumah sakit sesaat. Kepada teman-temannya yang kala itu ikut menunggui proses kelahiran, pelantun lagu 'Bento' pamit membeli rokok.

"Begitu sampai ke depan jalan, saya berlari sekencang-kencangnya dan berteriak sekeras-kerasnya," kisah Iwan mencurahkan kekegembirannya di mana ketika itu terompet tahun baru berbunyi, sehingga tak terlalu mencuri perhatian orang sekitar.

Ketika sudah beranjak remaja, Iwan sempat mengaku kaget kala sang putra ingin menikahi gadis pujaannya. Dengan percaya diri, Galang siap menafkahi calon istrinya kelak dengan kemampuan musik dimilikinya. Namun, niat gitaris grup band Bunga saat itu yang ingin menikahi calon istrinya urung dilakukan lantaran terlebih dulu meninggal dalam usia 15 tahun.

Pada kesempatan itu, Iwan Fals mengkonfirmasi penyebab kematian Galang Rambu Anarki akibat overdosis.

"Dia memang pernah mencoba hal-hal seperti itu, memang iya, tetapi dia tidak suka. Dia memang hanya lemah di pernapasan. Takdirnya memang sudah seperti itu," jelas Iwan tentang penyebab kematian anak pertamanya.

Musisi 59 tahun juga mengungkap arti nama Galang Rambu Anarki. Dikatakan, Galang terinspirasi dari sebuah pulau bernama Pulau Galang, menampung manusia perahu warga Vietnam yang kalah perang dan kabur dari negaranya.

Sementara arti kata Rambu ialah petunjuk atau aturan-aturan baik supaya tidak tersesat. Adapun Anarki ialah paham yang tak suka dengan heirarki negara, namun tak suka perang dan penuh damai serta tidak mau mencederai satu sama lain.

Iwan kemudian mengkritisi dan menyayangkan seringnya istilah anarki disamakan aksi vandalisme yang cenderung merusak, padahal keduanya merupakan hal berbeda. (dd)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com