Rabu , 14 April 2021

Geger Soal Beras, Jokowi Tegaskan Tak akan Ada Impor!

27 Maret 2021 11:31 WIB


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Dok. Twitter @jokowi)

Solotrust.com - Mencuatnya isu impor beras belakangan ini membuat masyarakat resah. Wacana impor komoditas pangan utama itu sempat diapungkan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.

Tak ingin permasalahan semakin berlarut dan membuat gaduh, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun angkat suara. Ia menegaskan tak bakal melakukan impor beras hingga Juni mendatang.



"Selamat malam. Saya mengikuti perbincangan soal impor beras beberapa hari ini. Saya perlu tegaskan bahwa tidak akan ada impor komoditas beras hingga Bulan Juni mendatang," kata orang nomor satu di Indonesia dalam keterangan di unggahan akun Instagramnya @jokowi, Jumat (26/03/2021).

"Selama tiga tahun belakangan ini, Indonesia juga tidak mengimpor beras," lanjutnya.

Jokowi menjelaskan, saat ini pemerintah memang telah memiliki nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Thailand dan Vietnam terkait impor beras. Namun, hal itu hanya untuk berjaga-jaga di tengah situasi pandemi yang penuh ketidakpastian.

Lebih lanjut Kepala Negara bilang, pada panen raya mendatang beras petani akan diserap Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Ia pun menyatakan telah memerintahkan Menteri Keuangan untuk menyiapkan anggaran khusus guna menyerap beras petani.

Sebelumnya, Dirut Perum Bulog Budi Waseso menegaskan dirinya menolak usulan impor beras. Purnawirawan perwira tinggi Polri bilang produksi beras yang ada saat ini dirasa cukup memenuhi kebutuhan nasional. (dd)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com