Hard News

BMKG: Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Angin Kencang

Nasional

30 April 2021 11:18 WIB

Ilustrasi prakiraan cuaca (Foto: BMKG)

JAKARTA, solotrust.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan petir/kilat.

BMKG memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari pesisir Barat Sumatra Barat hingga Aceh, dari Sumatera Selatan hingga pesisir Barat Sumatra Barat, di pesisir Selatan Jawa Tengah, di NTT, dari Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, hingga Selat Karimata.



Dari Laut Banda, Selat Makassar, hingga Kalimantan Tengah bagian Selatan, di Maluku, di Laut Arafuru, di Papua Barat dan di Papua. Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Selat Karimata, Kepulauan Riau, Pesisir Timur Riau, Selat Malaka, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Dilansir Antara, Jumat (30/04/2021), menurut BMKG kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut mulai dari Aceh, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Lampung.

Kondisi serupa juga terjadi di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Selawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya