Hard News

Waduh! Kasus Covid19 di Kudus Meroket

Global

27 Mei 2021 10:15 WIB

ilustrasi karantina wilayah atau lockdown.

KUDUS, solotrust.com-  Akses masuk Kabupaten Kudus mulai diperketat oleh aparat gabungan guna memutus rantai penyebaran Covid-19.  

Bupati Kudus, Hartopo, didampingi Dandim, Kapolres, dan Kepala Dishub meninjau langsung penyekatan arus lalu lintas pada Rabu (26/5/2021) sore. Petugas melakukan sample rapid test secara acak pada penumpang kendaraan, dengan tujuan destinasi wisata di Kota Kudus.



Bupati kemudian meminta kendaraan yang menuju ke destinasi wisata untuk memutar balik, mengingat sedang terjadi lonjakan angka Corona.

"Bus kalau tujuannya wisata ke Kudus, kita halau untuk putar balik. Karena mengingat lonjakan Covid di Kudus sangat luar biasa. Maka dari itu antisipasi-antisipasi di dalam penyebaran covid tentunya harus kita lakukan secara konkrit," ujarnya.

Langkah tegas telah dilaksanakan Pemkab Kudus dengan menutup sementara tempat wisata sebagai evaluasi bersama. Oleh karena itu, semua kendaraan dengan tujuan wisata ke Kudus dihalau selama kasus Covid-19 masih tinggi.

Hartopo mengungkapkan, kondisi kasus positif Covid-19 di Kudus masih tinggi. Per 25 Mei 2021 terdapat 704 kasus terkonfirmasi positif, dengan peningkatan yang signifikan dari hari sebelumnya. Untuk menekan angka tersebut, pihaknya melakukan imbauan kepada masyarakat dan surat edaran pembatasan kegiatan di restoran.

"Umumnya terjadi pada klaster keluarga, karena kegiatan anjangsana lebaran," tandasnya.

(wd)