Hard News

Saksikan Gerhana Matahari Cincin Mulai Pukul 16.00 WIB, Ini Linknya!

Global

10 Juni 2021 15:05 WIB

Gerhana matahari cincin (Pixabay)

Solotrust.com - Masyarakat di belahan bumi Utara, pada hari ini, Kamis (10/06/ 2021) bisa menyaksikan gerhana matahari cincin atau sebagian.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan berada di antara Matahari dan Bumi. Kondisi ini menimbulkan bayangan di Bumi, sepenuhnya atau sebagian menghalangi cahaya Matahari di beberapa daerah.



Selama gerhana cincin, Bulan cukup jauh dari Bumi sehingga Bulan tampak lebih kecil dari Matahari di langit. Karena Bulan tidak menghalangi seluruh pandangan Matahari, ia akan terlihat seperti piringan gelap di atas piringan terang yang lebih besar. Ini menciptakan apa yang tampak seperti cincin api di sekitar Bulan.

Melansir laman resmi NASA, nasa.gov, gerhana matahari cincin bisa disaksikan di beberapa wilayah Kanada, Greenland, dan Rusia Utara. Sementara di beberapa tempat lainnya, warga tidak akan bisa melihat cincin ini di sekitar Bulan.

Mereka malah akan mengalami gerhana matahari sebagian. Ini terjadi ketika posisi Matahari, Bulan, dan Bumi tidak sejajar. Matahari akan tampak memiliki bayangan gelap hanya di sebagian permukaannya.

Penduduk di bagian Timur Amerika Serikat dan Alaska Utara akan melihat gerhana matahari parsial pada 10 Juni. Kondisi serupa juga akan dialami sebagian besar penduduk Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika Utara.

Di Amerika Serikat, gerhana sebagian akan terlihat di sepanjang bagian Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan di Alaska Utara. Di beberapa lokasi ini, gerhana akan terjadi sebelum, selama, dan segera setelah matahari terbit. Ini artinya siapa saja yang ingin menyaksikan gerhana matahari harus mendapatkan pandangan cakrawala yang jelas saat matahari terbit.

Bagaimana dengan Indonesia?

Fenomena gerhana matahari akan berlangsung hari ini sekira pukul 16.00 WIB. Sayang, masyarakat yang ada di wilayah Indonesia tak bisa menyaksikannya langsung. Kendati negara kita tak ikut mengalami gerhana, detik-detik gerhana matahari cincin bisa disaksikan secara langsung melalui sejumlah link berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=7S6dhT1voAo

https://www.youtube.com/watch?v=cJ9fDbx7QkM

https://www.youtube.com/watch?v=FuEBLLN-VQg

Jika cuaca memungkinkan, fenomena gerhana matahari sebagian akan disiarkan di YouTube dan di nasa.gov/live. Siaran streaming ini dimulai pukul 5 pagi EDT atau pukul 16.00 WIB. Gerhana akan hampir mencapai maksimum (~90 persen cakupan) saat matahari terbit, sehingga masyarakat bisa menyaksikan Matahari muncul kembali saat posisi Bulan telah bergeser.

Cara Aman Menonton Gerhana Anular atau Parsial

Tidak pernah aman untuk melihat langsung gerhana Matahari, bahkan jika gerhana Matahari sebagian atau total sekali pun. Saat menyaksikan gerhana matahari sebagian atau gerhana matahari cincin, kamu harus memakai kacamata pengamat matahari atau gerhana sepanjang berlangsungnya gerhana. Kacamata untuk melihat matahari atau gerhana bukanlah kacamata hitam biasa. Perlu diketahui, kacamata hitam biasa tidak aman untuk melihat langsung matahari.

Jika tidak punya kacamata untuk melihat matahari atau gerhana, kamu bisa menggunakan metode alternatif, seperti proyektor lubang jarum. Proyektor lubang jarum tidak boleh digunakan untuk melihat langsung ke Matahari, namun untuk memproyeksikan sinar matahari ke permukaan. (and)

(and_)