Serba serbi

Korsel Klaim Uji Coba Pengobatan Covid Antibodi Aman dan Efektif

Kesehatan

14 Juni 2021 14:25 WIB

ilustrasi obat Covid-19

KOREA SELATAN, solotrust.com - Celltrion, perusahaan farmasi asal Korea Selatan mengumumkan hasil positif dari pengobatan Covid-19 antibodi eksperimental, Senin (14/6), yang dinilai aman dan mengurangi masa pengobatan hingga 5 hari dalam uji klinis tahap 3.

Dilansir Reuters,uji coba tersebut melibatkan 1.315 partisipan yang berlangsung sejak Januari di 13 negara seperti Korea Selatan, Amerika Serikat, Spanyol dan Rumania.



Menurut pernyataan yang dikeluarkan Celltrion, pengobatan tersebut memperlambat gejala COVID-19 parah di lebih dari 70 persen pasien, termasuk kelompok berisiko tinggi dengan riwayat penyakit. Pengobatan itu juga mempercepat masa penyembuhan hingga 4,9 hari.

Pada Februari lalu, Korea Selatan yang memberikan persetujuan bersyarat untuk pengobatan Covid-19 buatan dalam negeri pertama yang mengantongi izin seperti itu. Pihak perusahaan mengaku akan mengupayakan otorisasi penuh berdasarkan hasil uji coba.

Karena kabar tersebut, saham Celltrion melonjak 5,6 persen pada perdagangan Senin pagi, dibanding dengan penurunan 0,3 persen di pasar yang lebih luas.

()