Ekonomi & Bisnis

Stok Berlimpah, Harga Beras dan Telur Kian Murah

Ekonomi & Bisnis

15 Juni 2021 17:31 WIB

Suasana Pasar Legi Solo pada Selasa (15/06/2021) yang ramai. (Dok. solotrust.com/Azmi)

SOLO, solorust.com – Fluktuasi harga sembako menjadi hal biasa di pasaran. Banyak aspek menjadi pemicu perubahan harga seperti tingkat permintaan barang dan stok tersedia. Berdasarkan pantauan solotrust.com, Selasa (15/06/2021) di Pasar Legi Solo dan Pasar Nusukan Solo, harga sembako banyak mengalami penurunan sebab stoknya berlimpah.

Beras merupakan salah satu komoditas yang sedang mengalami penurunan harga. Mengingat Bulan Juni merupakan masa panen raya bagi area Soloraya. Hal ini membuat stok beras meningkat dan berimbas pada harga beras di pasaran.



Salah satu pedagang beras grosir, Alwi, menjelaskan harga beras C4 super saat ini Rp10.400 per kilogram untuk harga grosir. Sementara harga beras di luar masa panen berada di kisaran Rp11 ribu hingga Rp11.500.

“Beras lagi murah-murah karena lagi panen raya. Panen itu biasanya empat bulan sekali. Kalau yang murah ini Rp8000. Ini murah karena nggak disaring, nggak dibuang menirnya,” ungkap Alwi sambil menunjukkan beras C4 biasa.

Di lain pihak, pedagang beras ecer, Tuk, mengatakan beras standar saat ini seharga Rp10 ribu hingga Rp11 ribu. Dirinya mengaku tidak memerhatikan masa musim panen karena beras didapat dari pemasok. Namun harga beras saat ini cenderung stabil.

Saat ditemui di lapaknya, Tuk mengungkapkan telur menjadi komoditas lain yang harganya turun. Saat ini telur ayam seharga Rp23 ribu per kilogram setelah sebelumnya berada di harga Rp24 ribu per kilogram selama tiga hari.

Sementara itu, harga minyak curah mengalami kenaikan menjadi Rp15 ribu per liter. Minyak mengalami kenaikan sejak Lebaran yang sebelumnya seharga Rp12.500. Disebutkannya harga minyak terus mengalami kenaikan secara bertahap.

“Minyak curah naiknya lima bulan sekali. Kalau minyak ini (kemasan bermerek) satunya Rp14.500,” terangnya.

Di lain sisi, daging ayam yang dua pekan lalu sempat mengalami penurunan harga justru kembali naik. Tercatat, harga daging ayam naik menjadi Rp35 ribu per kilogram setelah sebelumnya seharga Rp30 ribu per kilogram.

“Kalau pas panen harganya murah. Sekarang stoknya sedikit jadi mahal,” jelas Giyem, saat ditemui di los Pasar Nusukan.

Berikut daftar harga sembako berdasarkan pantauan solotrust.com di Pasar Legi dan Pasar Nusukan, Solo:

Beras Rp10.400 hingga Rp11 ribu per kilogram

Bawang putih Rp22 ribu per kilogram

Bawang Merah Rp24 ribu per kilogram

Minyak goreng Rp14.500 hingga Rp15 ribu liter

Telur Rp24 ribu per kilogram

Daging ayam Rp35 ribu per kilogram

Cabai rawit merah Rp26 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram

Cabai merah besar Rp16 ribu per kilogram

Cabai merah keriting Rp15 ribu per kilogram

Cabai hijau Rp20 ribu hingga Rp22 ribu per kilogram

Cabai hijau keriting Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kilogram

(Azizah/Azmi)

(and_)