Serba serbi

Biar Lebih Terlindungi, Lapisi Masker Kain Dengan Masker Bedah

Kesehatan

18 Juni 2021 16:16 WIB

ilustrasi penggunaan masker

JAKARTA, solotrust.com - Pemerintah Indonesia mewajibkan setiap warga memakai masker saat berkegiatan di dalam maupun di luar ruangan. Namun banyak warga yang belum memahami masker seperti apa yang harus dipakai. Kebanyakan mereka memakai masker kain tipis dengan alasan lebih nyaman.

Vaksinolog dan spesialis penyakit dalam, dr. Dirga Sakti Rambe menyarankan kepada masyarakat pengguna masker kain tiga lapis untuk wajib dilapisi lagi dengan menggunakan masker bedah agar bisa lebih terlindungi.



“Masker kain sudah tidak dianjurkan, lagi pula masker bedah sudah banyak tersedia dan harganya terjangkau, gunakan hanya masker berkualitas,” kata Dirga dikutip dari ANTARA, Jumat (18/6).

Ia menegaskan penggunaan masker sangat penting dalam mencegah penularan Covid-19. Masker medis terbukti masih efektif jika digunakan dengan tepat.

“Saya menyarankan untuk mengganti masker maksimal 6 jam, atau ganti segera setelah masker sudah basah atau kotor,” katanya.

Ia juga menyarankan untuk berhati-hati pada saat membuka masker di tempat umum. Masker harus dijauhkan dari pakaian dan wajah untuk menghindari permukaan kemungkinan telah terkontaminasi.

Masyarakat tidak boleh hanya mengandalkan satu proteksi kesehatan saja, perlindungan dari luar dengan penerapan protokol kesehatan ketat pun penting untuk terus digalakkan.

“Memadukan perlindungan dari dalam dan luar menjadi upaya yang bisa kita lakukan bersama, untuk mengurangi risiko terpapar atau tertular virus.” jelas dia. (zend/zul)

(zend)