Serba serbi

Pemerintah Jamin Ketersediaan Tempat Tidur Isolasi Pasien Covid-19 Aman

Kesehatan

25 Juni 2021 15:11 WIB

ilustrasi tempat tidur rumah sakit. (Foto: unsplash)

JAKARTA, solotrust.com – Menanggapi isu jumlah ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang menipis, Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengambil beberapa tindakan. Pihaknya menunjuk tiga rumah sakit sebagai tempat yang seratus persen menangani pasien Covid-19.

“Dalam seminggu terakhir ini kita sudah mengambil beberapa keputusan. Diantaranya mengonversikan tiga rumah sakit besar pemerintah yaitu Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit Sulianti Saroso, dan Rumah Sakit Persahabatan untuk menjadi seratus persen rumah sakit yang menangani Covid,” ujarnya dalam keterangan pers secara virtual, Jumat (24/6).



Selain itu, pihaknya berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengubah ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat) rumah sakit rujukan sebagai tempat isolasi. Sedangkan pelayanan gawat darurat akan dilakukan melalui tenda darurat di area rumah sakit.

Menkes juga menyebutkan jika tempat isolasi ditambah sebesar dua kali lipat dari jumlah ketersediaan tempat di wisma atlet. Bekerjasama dengan BNPB, Panglima TNI, Gubernur dan Kapolri, Menkes menambah tempat isolasi di Nagreg dan Pasar Rumput.

“Kita tahu bahwa Wisma Atlet yang tadinya ada sekitar 5994 sudah kita naikkan sampai ke level 7000. Jadi kita sudah menambah dua tempat isolasi baru. Satu di Pasar Rumput, satu di Nagreg. Di Nagreg ada empat tower, kita isi sekitar 4000, tapi kita isi 2000 dulu. Sedangkan di Pasar Rumput kita akan menambah kapasitas isolasi sekitar 3000, ” terangnya.

Rencana selanjutnya, pemerintah akan memindahkan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan pasien bergejala ringan ke Nagreg dan Pasar Rumput. Sedangkan pasien dengan gejala menengah akan dirawat di wisma atlet yang memiliki fasilitas lebih lengkap dan pasien dengan gejala berat tetap dirawat di rumah sakit.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, jumlah tempat tidur isolasi pasien Covid di Indonesia saat ini tersedia 85 ribu dan sebanyak 60 ribu tempat tidur sudah terisi. Namun, jumlah tersebut belum ditambah dengan perubahan jumlah ketersediaan tempat tidur isolasi di tiga rumah sakit rujukan.(zend/azizah/azmi)

(zend)