Serba serbi

Kudus bakal Segera Miliki Rumah Sakit 10 Lantai

Kesehatan

29 Juli 2021 19:25 WIB

Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit (RS) Sarkies Aisiyah, Rabu (28/07/2021). (Dok. Istimewa/jatengprov.go.id)

KUDUS, solotrust.com – Bupati Kudus HM Hartopo meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit (RS) Sarkies Aisiyah, Rabu (28/07/2021). Rumah sakit itu dibangun di atas tanah wakaf seluas 5000 meter di samping Pasar Jember Kudus.

Pembangunan rumah sakit ini merupakan sinergitas antara pemerintah daerah, RS Aisyiyah, dan Universitas Muhammadiyah Kudus dalam upaya pemenuhan kebutuhan fasilitas kesehatan di Kabupaten Kudus.



“Atas nama Pemkab (pemerintah kabupaten) Kudus dan pribadi, saya ucapkan selamat sekaligus apresiasi atas dimulainya pembangunan gedung rumah sakit ini,” ucap Bupati Kudus HM Hartopo, dikutip dari Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah, jatengprov.go.id.

Harapannya, kehadiran Rumah Sakit Sarkies Aisiyah dapat menjadi alternatif pilihan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kudus. Di samping itu, pihaknya juga berharap akan segera terjalin sinergi dengan universitas untuk menghadirkan Fakultas Kedokteran.

“Menggandeng Universitas Muhammadiyah Kudus, nantinya diharapkan akan tercipta Fakultas Kedokteran yang pertama di Kudus, sehingga anak-anak Kudus tidak perlu jauh menuntut ilmu kedokteran di luar daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan RS Sarkies Aisiyah Kudus, Hilal Ariyadi mengucapkan terima kasih atas amanah tersebut.

“Anugerah tak terkira kita dapat menyaksikan ikrar dari pewakif H Saifullah sekeluarga atas wakaf tanah untuk dipergunakan sebagai rumah sakit di Kudus. Semoga membawa berkah bagi sesama,” kata Hilal Ariyadi.

Menurutnya, rumah sakit tersebut akan dibangun enam lantai dengan masterplan hingga sepuluh lantai.

“Bangunan awal, nantinya akan berdiri bangunan dengan enam lantai, sedangkan masterplan selanjutnya hingga sepuluh lantai yang kami atur pembedaan jalur antara infeksius dan noninfeksius, sehingga dapat dipastikan keamanannya,” pungkasnya. (Lala Dila Pradini)

(and_)