Hard News

Jokowi Ingin Pramuka Indonesia Optimistis Lihat Masa Depan

Nasional

14 Agustus 2021 12:19 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 14 Agustus 2021. (Foto: putra/kemenpora.go.id)

JAKARTA, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 14 Agustus 2021. Pada acara peringatan ke-60 tahun ini, presiden mengajak pramuka Indonesia optimistis menatap masa depan untuk bersama keluar dari pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi.

“Kunci utama untuk bisa keluar dari pandemi ini adalah kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal,” kata Jokowi dalam amanatnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, kemenpora.go.id.



Kepala Negara mengatakan, anggota pramuka harus bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Jika ada yang tidak patuh harus diberi pengertian dan penjelasan. Pramuka Indonesia diminta untuk berada di barisan terdepan melindungi diri, teman, dan keluarga.

“Kalau ada teman yang tidak mematuhi protokol kesehatan, diingatkan. Kalau ada teman yang sudah berusia 12 tahun yang belum divaksin, ajak untuk segera divaksin. Pramuka Indonesia harus menjadi pelopor kedisiplinan, terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan disiplin untuk menghindari kerumanan,” ujar presiden.

Ini merupakan tahun kedua peringatan Hari Pramuka dalam suasana pandemi. Biasanya, Hari Pramuka diperingati dengan upacara di lapangan dan diikuti peserta lengkap. Namun, sekarang ini dilakukan secara virtual dari tempat masing-masing dengan jumlah dibatasi.

“Disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kita semua terlindungi dari penyebaran virus Covid-19. Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota pramuka di seluruh Tanah Air Indonesia karena di masa pandemi ini pramuka bahu-membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi di lingkungannya masing-masing,” terang Jokowi.

Menurutnya, sikap tersebut merupakan jiwa pramuka sejati dan rela berkorban untuk membangun sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, dan golongan. Pramuka Indonesia harus menjadi teladan, tangguh menghadapi setiap tantangan, serta menggalang kepedulian pada sesama.

“Saya ingin menitipkan pesan pada segenap anggota pramuka Indonesia, giatlah belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya. Selalu adaptif mengejar kemajuan teknologi, mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel, dan harus cerdik,” jelas presiden.

“Jangan pernah lupa dengan identitas bangsa, membangun karakter kebangsaan yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai pancasila yang sejati. Menjaga NKRI dan juga merawat kebhinekaan. Pramuka Indonesia juga harus optimis melihat masa depan, terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia,” tambahnya.

(and_)