Pend & Budaya

Candi Sojiwan Klaten Menyimpan Banyak Cerita Tentang Pelajaran Hidup

Pend & Budaya

29 November 2021 17:05 WIB

Pertunjukan lakon Babad Sojiwana di Candi Sojiwan, Prambanan, Klaten, Sabtu (27/11). (Foto: klatenkab.go.id)

KLATEN, solotrust.com – Relief di Candi Sojiwan yang terletak di Desa Dalem Kidul Kecamatan Prambanan, Klaten masih menyimpan banyak misteri. Konon, relief itu berkisah tentang kehidupan yang penuh makna.

Pendamping budaya desa, Titik Susana Ristyawati mengatakan Candi Sojiwan merupakan salah satu destinasi wisata yang belum banyak diketahui keberadaannya. Padahal relief di Candi Sojiwan tersebut banyak menyimpan cerita yang kaya atas pelajaran hidup.



“Keunikan Candi Sojiwan adalah adanya panel-panel relief cerita fabel 16 diantaranya dari 20 panel bersumber cerita Jataka yang berasal dari India yang tidak dimiliki candi lain. Dari 16 kisah Jataka, baru satu cerita yang telah diimplementasikan kedalam tari kolosal yaitu relief ke 10. Masih ada 15 kisah Jataka yang belum tergarap,” ujarnya, Senin (29/11).

Desa Dalem Kidul merupakan desa yang dikenal sebagai kampung dolanan tradisonal. Selain itu, desa itu juga kaya akan kesenian seperti karawitan dan tari.

“Mini Sendratari Babad Sanjiwana dengan mengambil cerita salah satu relief fabel Candi Sojiwan fabel nomor tiga oleh Sanggar Gita Nerta Sasana (GANESA). Juga ditampilkan stand pameran dolanan tradisional egrang batok, egrang bambu, bakiak, dakon, batik, dan kuliner khas Dalem Kidul. Babad Sanjiwana bercerita kecongkakan burung garuda yang dikalahkan kerendahan hati kura-kura. Di situlah nilai maknanya,” tambahnya. (athala)

()