Hard News

Menkominfo: Ayo Segera Vaksin, Jangan Pilih-pilih Merek

Nasional

9 Desember 2021 15:27 WIB

ilustrasi vaksin

JAKARTA, solotrust.com – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate meminta masyarakat untuk segera lakukan vaksinasi Covid-19 dan melengkapinya demi melindungi diri sendiri serta orang lain.

Menurutnya, jika masyarakat menunda vaksinasi supaya bisa memilih merk vaksin, maka akan menyebabkan percepatan vaksinasi menjadi terhambat.



“Banyaknya merk vaksin bukan diartikan bahwa masyarakat bisa memilih untuk disuntikkan dengan vaksin merk tertentu. Segerakan divaksinasi demi melindungi diri, keluarga, dan orang terdekat,” ujarnya seperti dilansir Antaranews, Kamis (9/12).

Saat ini, sudah ada 11 jenis vaksin Covid-19 yang mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Masyarakat dihimbau tidak perlu pilih-pilih merk vaksin karena semua merk vaksin yang disediakan pemerintah sama aman dan berkhasiatnya.

Indonesia saat ini sudah memiliki lebih dari 400 juta dosis vaksin Covid-19, baik dalam bentuk bahan baku maupun sudah jadi.Pemerintah juga berkomitmen untuk mendapatkan stok vaksin baik melalui jalur bilateral maupun multilateral demi melindungi masyarakat dari virus Covid-19.

Menurut Johnny, stok vaksin yang cukup akan lebih optimal jika ditunjang dengan percepatan program vaksinasi. Maka, sangat dibutuhkan dukungan dan peran serta masyarakat untuk segera divaksin.

Sementara itu, pemerintah terus memantau perkembangan varian baru virus Covid-19 yaitu Omicorn, yang saat ini sudah terdeteksi di 45 negara. Pemerintah akan segera melakukan genome sequencing, membatasi kegiatan masyarakat, dan mempercepat pelaksanaan vaksin sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Untuk itu, masyarakat tetap diminta patuhi protokol kesehatan, jangan lengah dan batasi mobilitas,” tambah Johnny.(athala)

(zend)

Berita Terkait

Berita Lainnya