Hard News

Pendidikan Semaba PK TNI AU Angkatan ke-48 Dibuka

TNI / Polri

18 Desember 2021 10:16 WIB

Penyiraman air bunga secara simbolis menandai dimulainya pelaksanaan Pendidikan Sekolah Pertama Bintara Prajurit Karir (Semaba PK) TNI Angkatan ke-48. (Foto: Penerangan Lanud Adi Soemarmo Solo)

SOLO, solotrust.com – Pendidikan Sekolah Pertama Bintara Prajurit Karir (Semaba PK) TNI Angkatan ke-48 di Lanud Adi Soemarmo Solo resmi dibuka, Sabtu (18/12).

Dalam amanat Komandan Lanud (Danlanud) Adi Soemarmo Marsma TNI Agus Setiawan yang dibacakan Komandan Setukpa Kolonel Nav Sudaryanto, selaku inspektur upacara, mengatakan para siswa yang telah mengucap janji harus disertai ketulusan hati dalam mewujudkannya.



 “Janji siswa yang baru saja kalian ucapkan hendaknya bukan hanya sekedar simbol, akan tetapi harus disertai dengan tindakan kesadaran dan ketulusan hati untuk melaksanakan semua yang telah kalian ucapkan secara lantang serta tegas,” amanat Danlanud.

Selanjutnya Komandan Lanud mengatakan bahwa saat ini, para siswa telah memasuki kehidupan militer, sehingga para siswa akan ditempa, digembleng dan dididik sesuai program pendidikan yang telah disiapkan guna merubah sikap mental menjadi seorang prajurit TNI yang berbeda dari sikap sebelumnya.

“Oleh karena itu, saya harapkan secepatnya kalian segera menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan militer yang serba tertib, teratur dan disiplin. Ikuti dan taati semua peraturan serta tata tertib yang berlaku di lingkungan lembaga pendidikan, karena konsekuensinya apabila terbukti ada siswa yang melakukan pelanggaran tentu yang bersangkutan akan mendapat sanksi  sesuai tingkat kesalahan yang dilakukan,” lanjutnya.

Danlanud menekankan kepada para siswa dan pelatih, ditengah pandemi Covid-19 agar selalu memperhatikan protokol kesehatan (prokes) selama pendidikan, sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan aman dan lancar sampai dengan penutupan pendidikan nantinya.

Pendidikan pertama prajurit berpangkat bintara pada hakekatnya merupakan investasi sebagai salah satu upaya organisasi dalam mencetak sumber daya manusia TNI Angkatan Udara yang handal dan profesional.

Melalui pendidikan ini diharapkan dapat menghasilkan sekaligus mencetak prajurit TNI Angkatan Udara yang memiliki sikap kesatria, militan, loyal dan profesional, sehingga dapat menjawab tantangan tugas dimasa mendatang.

Pendidikan Semaba PK TNI AU Angkatan ke-48 ini diikuti 516 siswa, terdiri dari 456 siswa Semaba PK Pria yang akan melaksanakan pendidikan di Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo. Sedangkan Semaba PK Wanita TNI AU Angkatan ke-48 diikuti 60 siswa, selanjutnya akan melaksanakan pendidikan di Skadik 105 Lanud Adi Sutjipto. Mereka menempuh pendidikan selama lima bulan.

Usai upacara pembukaan dilanjutkan dengan acara tambahan berupa pemotongan rambut dan penyiraman air bunga secara simbolis menandai dimulainya pelaksanaan pendidikan, hadir pada upacara pembukaan tersebut para pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Lanud Adi Sutjipto.

(zend)

Berita Terkait

Berita Lainnya