Entertainment

Pandemi Covid-19 Inspirasi Changmin TVXQ Ciptakan Lagu Devil

Musik & Film

15 Januari 2022 15:45 WIB

Changmin dalam salah satu foto konsep album Devil. (Foto: Dok. SM Entertainment)

Solotrust.com - Changmin TVXQ baru saja kembali dengan album mini terbaru bertajuk Devil dengan lagu utama berjudul sama. Ini adalah comeback solo terbarunya setelah 2 tahun lalu debut dengan album mini Chocolate.

Devil digambarkan sebagai lagu R&B bertempo lambat yang dipadukan dengan ketukan drum yang asyik, riff bass, dan didukung dengan chorus acapella yang berat.



Dalam konferensi pers perilisan album, sebagaimana dikabarkan The Korea Herald, Changmin berbagi bahwa pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung menginspirasinya untuk menulis lirik lagu Devil.

"Banyak dari kita menghadapi kesulitan di tengah masa-masa sulit, dan tekanan yang berasal dari pandemi sangat besar. Judul lagu saya adalah 'devil (setan)', dan istilah itu berkonotasi negatif. Tapi apa yang ingin saya ungkapkan melalui 'devil' adalah bahwa ada yang hidup di dalam diri kita," katanya.

Musisi itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa Devil yang dia coba gambarkan adalah ketakutan yang mungkin harus dihadapi orang, karena virus itu sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat. Dia menyebutnya sebagai "periode dua tahun yang menguap karena pandemi".

"Versi asli dari lagu ini jauh lebih kuat dan memberikan kesan yang kuat, tetapi saya ingin mengungkapkan pemikiran saya tentang betapa pentingnya untuk mengatakan dengan keras keyakinan seseorang meskipun ada bisikan jahat," tambahnya.

Menurut keterangan pers SM Entertainment, Devil adalah remake dari lagu dengan judul yang sama yang dirilis oleh artis dan produser Swedia Alex Runo pada tahun 2021. Suara yang megah dan berat serta kekuatan nyanyian Changmin yang eksplosif menciptakan suasana yang luar biasa untuk lagu ini.

"Lagu ini berisi kemauan yang kuat untuk maju dengan percaya diri tanpa menyerah pada bisikan setan bahkan dalam kenyataan yang sulit," jelas SM terkait lagu itu.

Selain Devil, ada 5 lagu lain dalam album ini yakni Alien, Maniac, Fever, Dirty Dancing, dan Airplane Mode.

Masih dari keterangan pers SM, Alien misalnya, digambarkan sebagai lagu dance pop medium yang dengan penuh kasih mengungkapkan cinta pada pandangan pertama dengan membandingkannya dengan alien yang pertama kali bertemu di alam semesta yang misterius.

Sedangkan Fever digambarkan sebagai lagu bergenre pop dance yang memberikan energi yang kuat dengan nada tinggi dan ad-lib yang keren dari Changmin. Liriknya. mengungkapkan perasaan tenggelam dalam pesona orang lain yang tak tergantikan seolah-olah terkena demam parah.

Begitu dirilis, album ini berhasil memuncaki chart iTunes di 14 negara/wilayah, yakni Indonesia, Jepang, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Thailand, Singapura, Turki, Hong Kong, Filipina, Kolombia, Vietnam, Lithuania, Taiwan, dan Malaysia. (Lin)

(zend)