Entertainment

Kedatangan 24 Pesawat Tempur Canggih Ini Perkuat TNI AU

TNI / Polri

1 Maret 2018 11:21 WIB

Pesawat Tempur F-16 C/D. (dok/Kemenhan)

MADIUN, solotrust.com- Kekuatan armada tempur udara Tentara Nasional Indonesia (TNI) bertambah dengan datangnya 24 unit pesawat tempur F-16 C/D dari Amerika Serikat, Rabu (28/2/2018). Pesawat Tempur F-16 C/D tersebut merupakan pesawat modern berteknologi canggih yang diharapkan dapat semakin menambah kekuatan tempur TNI Angkatan Udara.

Serah terima pesawat tempur tersebut disaksikan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Hadir pula Kasad, Kasau serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan dan undangan lainnya.



24 Unit Pesawat F-16 tersebut rencananya akan ditempatkan di Skuadron Udara 16 Lanud Pekanbaru sebanyak 16 unit, sedangkan 8 unit lagi akan ditempatkan di Skuadron Udata 3 Lanud Iswahyudi.

Menteri Pertahanan dalam sambutannya mengatakan, penyerahan pesawat F-16 C/D merupakan bagian integral dari perwujudan gelar pertahanan negara Smart Power guna menghadapi berbagai dimensi ancaman nyata dan belum nyata yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan NKRI.

“Pesawat F-16 C/D ini juga merupakan pesawat modern berteknologi canggih, sehingga kehadirannya juga diharapkan dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AU yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan kewibawaan NKRI.” Tutur Menhan. (sumber: Kemenhan)

(wd)