Pend & Budaya

Pengenalanan Gaya Hidup Ramah Lingkungan, YSUN Sumbang PLTS dan SCS ke Sekolah di Solo

Pend & Budaya

11 Februari 2022 14:48 WIB

Secara simbolis YSUN menyerahkan sumbangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Solar Charging System (SCS) untuk sekolah di Solo pada Walikota Gibran Rakabuming Raka, di SDN Kleco, Jumat (11/2). (Foto: Dok. Solotrust.com/ysn)

SOLO, solotrust.com - Yayasan Sinar Utama Nusantara (YSUN) memberikan sumbangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Solar Charging System (SCS) pada SMPN 3 Solo, SDN Kleco 1 dan 2 Jumat (11/2).

YSUN merupakan organisasi yang terbentuk pada Februari 2018 dan bertujuan untuk memberdayakan serta memperjuangkan pemerataan energi. Sistem panel surya mandiri inovasi dari YSUN sudah digunakan sebanyak 2.800 unit di seluruh Indonesia.



Sebelumnya YSUN telah terlebih dahulu menyumbangkan PLTS dan SCS ke SMKN 2 dan SMKN 6 Solo.

Corporate External Affairs Head Sun Solution & YSUN, Anggita Pradipta mengungkapkan tujuan dari acara ini ialah mengenalkan literasi energi kepada masyarakat, dimulai dari lingkungan sekolah.

“Dari sekolah itu kami ingin mendidik, karena tujuan dari Yayasan kami ingin memberikan literasi energi,” ujarnya.

Acara peresmian tersebut diselenggarakan di aula bersama SDN Kleco 1 dan 2, serta dihadiri langsung oleh Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Gibran mengapresiasi langkah dari YSUN. Sebab solar panel tersebut dapat menjadi media belajar bagi anak-anak tentang energi baru terbarukan.

“Saya senang sekali dapat sumbangan-sumbangan seperti ini, ini kita arahkan terlebih dulu ke sekolah-sekolah agar anak-anak juga bisa belajar juga kegunaan-kegunaannya seperti apa,” Terang Gibran.

Kepala Sekolah SDN Kleco 2, Siti Samsiyah berharap sumbangan tersebut dapat mendukung program sekolah, salah satunya mandiri energi.

“Harapannya kedepannya termanfaatkan dengan baik, kita jadi hemat energi ya, karena program kita juga sebagai sekolah penggerak dan Adiwiyata, jadi sumbangan ini mendukung program sekolah,” Kata Siti. (ysn)

()