Hard News

Bertemu Panglima TNI, KSAU Laporkan Perawatan Pesawat TNI AU

TNI / Polri

12 Februari 2022 10:52 WIB

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo untuk pelaporan kesiapan pesawat TNI AU dan berbagai perawatan rutin sepanjang 2021. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Puspen TNI)

JAKARTA, solotrust.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo di ruang kerja Panglima, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, untuk pelaporan kesiapan pesawat TNI AU dan berbagai perawatan rutin sepanjang 2021.

Dalam tayangan video di kanal Youtube Puspen TNI, Sabtu (12/2), Panglima mengingatkan agar melakukan perawatan sarana dan prasarana termasuk alat utama sistem senjata (alutsista) dan pesawat TNI AU secara berkala untuk mendukung pekerjaan prajurit.



“Perawatan sarana dan prasarana hingga alutsista harus dilakukan secara berkala dan diberikan target ,” kata Andika.

Menanggapi hal tersebut, KSAU menyampaikan pihaknya telah menyusun target yang disesuaikan dengan jenis pesawat dan anggaran tahunan.

“Jadi kita ada sasaran kesiapan, jadi pertahun itu kami ada ditiap tipe pesawat disesuaikan dengan anggaran, tetapi kami targetkan misalnya untuk kekuatan 4 (pesawat), sirkulasi 3 (pesawat) dan siap 3 (pesawat),” papar KSAU pada Panglima.

Andika juga menanyakan seperti apa target perawatan pesawat TNI AU di tahun 2021.

“Seperti Boeing ini klo tidak salah dia 3, tidak pernah 4,” jawab KSAU menyebut jumlah pesawat yang menjalani perawatan rutin tahun lalu.

TNI AU memiliki 4 pesawat pengangkut tipe Boeing. Fadjar menjelaskan rata-rata 3 pesawat siap digunakan, tetapi tidak jarang 4 pesawat Boeing tersebut dalam keadaan siap.

Mengutip laporan Antaranews, sejak resmi menjabat sebagai Panglima TNI pada November 2021, Andika Perkasa menaruh perhatian lebih pada kesiapan alutsista, sarana dan prasarana TNI termasuk pemeliharaan dan perawatan pesawat.

Seperti pada bulan ini, Panglima datang langsung ke Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur untuk meninjau kondisi dan kesiapan Lanud, pesawat tempur serta kesiapsiagaan para penerbang.

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI juga mengecek langsung fasilitas latihan terbang Aor Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) di Lanud ISwahjudi.

(zend)

Berita Terkait

Berita Lainnya