Entertainment

Ed Sheeran Menangkan Sengketa Hak Cipta Shape of You

Selebritis

8 April 2022 05:38 WIB

Ed Sheeran (Sumber: Instagram Ed Sheeran @teddysphotos)

Solotrust.com -Ed Sheeran memenangkan persidangan hak ciptanya di Pengadilan Tinggi London, setelah seorang hakim memutuskan pada hari Rabu (6/4) bahwa lagu hitnya "Shape of You" tidak mengangkat frasa musik dari track lain.

Ed Sheeran (Edward Christopher Sheeran) adalah salah satu penulis lagu "Shape of You", bersama dengan beberapa penulis lain yakni John McDaid, Kandi L. Burruss, Kevin Jerome Briggs, Steve Mac, dan Tameka D. Cottle.



Sebelumnya, diketahui bahwa dua penulis lagu yakni Sami Chokri dan Ross O'Donoghue menuduh bahwa lagu tersebut memiliki kesamaan musik dengan lagu yang mereka tulis berjudul "Oh Why". Mereka mengklaim bahwa Sheeran mengambil hook "oh I, oh I, oh I, oh I" dari lagu yang dirilis pada tahun 2015 itu.

Sebagaimana dikabarkan AFP, hakim Antony Zacaroli memutuskan bahwa ada kesamaan yang jelas antara hook dalam dua lagu, tetapi ada juga perbedaan penting. Sementara kedua hook ditarik dari tangga nada pentatonic minor, ada banyak lagu dalam genre pop, rock, folk dan blues dimana melodi diambil secara eksklusif dari tangga nada yang sama.

Zacaroli juga mengatakan bahwa kedua frasa tersebut memainkan peran yang sangat berbeda dalam lagunya masing-masing.

Hook dari pengadu adalah bagian tengah dari lagu itu, sedangkan dalam lagu Sheeran, itu adalah sesuatu yang menarik untuk mengisi bar sebelum frasa berulang yakni "I'm in love with your body".

Di pengadilan, Sheeran menyanyikan lagu itu dan menyenandungkan tangga nada dan melodinya, saat dia ditanyai tentang bagaimana lagu itu ditulis.

Sheeran membantah bahwa dia meminjam ide dari penulis lagu lain dan mengatakan kepada pengadilan bahwa dia selalu berusaha untuk sepenuhnya adil dalam memberi kredit kepada kontributor.

Pengacara Andrew Sutcliffe, yang mewakili Chokri dan  O'Donoghue, mengatakan kepada hakim bahwa kesamaan antara dua bagian hook dalam lagu itu mencolok dan suara dari kedua lagu itu terdengar hampir identik.

Dia juga menyebut Sheeran adalah "murai" yang meminjam ide dan terkadang tidak mengakuinya. Chokri mengatakan di persidangan bahwa dia terkejut ketika pertama kali mendengar "Shape Of You" di radio.

Pengacara Sheeran mengatakan kepada Pengadilan Tinggi bahwa dia dan rekan penulisnya tidak ingat pernah mendengar lagu "Oh Why" pada saat itu.

Sheeran telah dengan keras menolak  tuduhan itu dan menolak anggapan bahwa dia mendengar "Oh Why" sebelum dia menulis "Shape Of You" pada Oktober 2016.

McDaid juga telah mengklaim dalam bukti tertulis bahwa dia tidak ingat pernah mendengar "Oh Why" dengan cara apa pun dan mengatakan dia tidak mengetahui Sami Switch sebelum kasus hukum saat ini dimulai.

"Shape of You", yang dirilis pada tahun 2017, masih menjadi lagu yang paling banyak diputar di Spotify, dengan lebih dari tiga miliar streaming. Lagu itu juga mengantarkan Sheeran untuk memenangkan Grammy dalam kategori Penampilan Pop Solo Terbaik. (Lin)

(wd)