Hard News

Pandemi Membaik, Kemenhub Hadirkan Kembali Program Mudik Gratis

Nasional

9 April 2022 14:07 WIB

ilustrasi

JAKARTA, solotrust.com – Sebanyak 350 unit bus telah dipersiapkan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai sarana untuk melakukan program mudik gratis pada tahun 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyebut program yang mudik gratis sempat terhenti selama 2 tahun pandemi. Bahkan kini Kemenhub menambahkan fasilitas bagi truk pengangkut motor.



“Diimbau bagi masyarakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor apalagi yang sarat penumpang dan barang. Oleh karena itu, Ditjen Hubdat tahun ini kembali mempersiapkan mudik gratis dengan bus,” ungkap Budi melalui konferensi pers daring pada Jumat (8/4).

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini maka harus mendaftar terlebih dahulu pada laman www.mudikhubdat2022.com,  dengan pendaftaran yang dimulai tanggal 9 April 2022 dengan tujuan 14 kota di Jawa Tengah.

Kapasitas yang dapat dimuat oleh 350 bus tersebut mencapai 10.500 penumpang dengan keberangkatan di tanggal 28 April 2022.

Calon pemudik nantinya akan mendapatkan kode QR sebagai syarat registrasi untuk mendapatkan nomor bus. Mereka juga diwajibkan untuk membawa data pendukung seperti KTP, KK, dan bukti vaksin lengkap atau booster.

“Calon pemudik kemudian dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus,” ujarnya sebagaimana dilansir Antaranews.

Kota yang dituju pada program ini yaitu Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonoobo, Kebumen, dan Purwokerto. Pemudik yang membawa motor dapat ditempatkan pada 34 unit truk yang telah disediakan yang nantinya diberangkatkan ke Purwokerto, Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Wonogiri. (zora)

()