Hard News

Komisi V DPR RI Kunjungan Kerja Spesifik dengan Pemkot Solo Bahas Mudik Lebaran 2022

Jateng & DIY

13 April 2022 12:01 WIB

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dengan Pemkot Solo di Terminal Tirtonadi. (Foto: Dok. Solotrust.com/putri)

SOLO, solotrust.com - Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo guna membahas sarana dan prasarana persiapan mudik lebaran 2022 di Terminal Tirtonadi, Kamis (7/4)

Tahun ini pemerintah telah membolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. Bahkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 350 bus untuk memfasilitasi program mudik gratis pemerintah.



Anggota Komisi V DPR RI Sudjadi menyambut baik program mudik gratis pemerintah. Ia memperkirakan antusiasme masyarakat akan cukup tinggi dan berharap moda transportasi bus mudik gratis dapat ditambah.

"Kalau tambah unit semakin seneng, rakyatnya semakin seneng. Problemnya itu (Covid-19) bisa meledak karena dua tahun nggak boleh mudik. Harus diwaspadai," ujar Sudjadi.

Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik, pemerintah telah membuat pos terpadu di daerah rawan kemacetan, kecelakaan, bencana, serta sejumlah rest area. Selain itu juga akan ada pos pengecekan kelaikan kendaraan serta pengemudi yang bekerja sama dengan Polri, Basarnas dan sejumalah instansi terkait lainnya.

"Kami sudah mengumpulkan tim rest area untuk antisipasi dan beberapa test, kemudian di terminal kita membuat beberapa terminal untuk pelayanan kesehatan. Jadi seperti di Lampung, Banten, Jabar ,Garut, Cirebon, Tasikmalaya, Jakarta dan Tanjung Priok untuk keselamatan lalu lintas dilakukan pengecekan angkutan jalan," ujar Sekertariat Direktorat Jenderal Perhubungan Dara,t Marta Hardisarwono.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi adanya program mudik gratis pemerintah terlebih persiapan sarana dan prasarana penunjang kenyamanan perjalanan. Ia bahkan meminta penambahan angkutan bus dalam program mudik gratis.

“Luar biasa sekali saya apresiasi persiapan dari pak Direktur, Basarnas, dan BMKG tahun 2022. tadi sudah dipaparkan di Stasiun Balapan, Bandara Adi Sumarmo. Mungkin nanti akan ada lonjakan. Saya kira persiapan nya sudah cukup matang. Saya ada 1 permintaan saja pak. saya sangat mengapresiasi adanya mudik gratis tapi saya kira di dalam 350 unit bus itu masih sangat kurang mungkin bisa ditambah soalnya saya lihat antusiasme warga yg pulang kampung sudah menggebu-gebu. kira kira itu saja.” Ucap Gibran pada pertemuan tersebut. (riz/dva/put)

(zend)