Hard News

Amankan Malam Takbiran di Solo, Tim Sar dan Satkom Rajawali Backup Kepolisian Siaga Kerahkan Relawan

Jateng & DIY

1 Mei 2022 22:15 WIB

Suasana malam Idul Fitri di Kota Solo.

SOLO, solotrust.com - Dalam menjaga keamanan dan ketertiban malam takbiran, Tim Sar dan Satkom Rajawali menerjunkan sekitar dua puluhan relawan untuk membackup keamanan yang dilaksanakan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo. 
 
Puluhan relawan itu disiagakan di dua titik Pos Terpadu Lebaran 2022, yakni di Pos Terpadu Benteng Vastenburg dan di Pos Terpadu Farokah. Sementara untuk di Pos Farokah, relawan akan dipecah untuk mengamankan batas kota di Tugu Mahkota. 
 
Sementara, pengamanan di atas jam 9 malam, Tim Sar dan Satkom Rajawali akan melakukan konsentrasi patroli keliling dan menyebar masing-masing 2 relawan di beberapa titik sekitaran dua pos itu.
 
"Sekitar jam 9 kita melakukan patroli lingkungan. Di atas jam 9 kerawanan sering kali muncul. Di atas jam 9 kita sebar dua-dua," kata Ketua Tim Sar dan Satkom Rajawali, KP Bambang Pradoyogomo Minggu (1/5) malam.
 
Tim Sar dan Satkom Rajawali juga melakukan langkah-langkah preventif antisipasi takbir keliling dengan terus memantau pergerakan dari luar Kota Solo.
 
"Mereka akan mencari sendiri-sendiri melaporkan ke frekuensi khusus. Kita kirimkan anggota ke perbatasan-perbatasan untuk menghadang tarawih keliling," terusnya.
 
Sementara itu, relawan Tim Sar dan Satkom Rajawali juga menyiagakan montir mobil besar di dua pos itu, untuk mengantisipasi kendala-kendala lalu lintas yang diakibatkan gangguan moda kendaraan besar.
 
"Di sini kami juga menyiapkan montir, di dua pos besar kami menyiapkan montir mobil besar, mobil seringkali menjadi masalah," terangnya.
 
Tim Sar dan Satkom Rajawali akan membackup pengamanan kepolisian hingga waktu yang ditentukan menunggu arahan dari Pos Terpadu Lebaran 2022.
 
Selanjutnya tim juga akan bersiap mengamankan pelaksanaan Salat Id pada hari H Lebaran, Senin (2/5) besok.
 
"Pengamanan tidak ada batasnya, kalau situasi seperti tahun baru kemarin sampai jam tengah malam, kita akan lakukan, nanti tergantung dari pihak Kapos-nya, kalau sudah landai akan kita tarik, karena besok teman-teman juga mengamankan Salat Ied," pungkasnya. (dks)

(Wd)