Entertainment

Peran Sutradara Perempuan Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Musik & Film

4 Mei 2022 17:31 WIB

Sutradara film, Kamila Andini (Foto: Instagram/@kamilandini)

Solotrust.com - Dalam industri perfilman Tanah Air masih sedikit perempuan terlibat sebagai kru maupun sutradara ketimbang peran laki-laki. Kendati demikian, karya-karya dari sutradara perempuan tak bisa dipandang sebelah mata.

Akun Instagram @festivalfilmid mencatat terdapat beberapa sutradara perempuan berhasil masuk sebagai peraih nominasi maupun pemenang di Festival Film Indonesia.



"Meski jumlahnya belum sebanyak sutradara pria, namun sutradara perempuan Indonesia terus menunjukkan eksistensinya melalui karya-karyanya," tulis akun Instagram @festivalfilmid.

"Keberadaan mereka memiliki peran penting bagi perkembangan industri perfilman Indonesia. Tidak jarang, melalui karya-karya sutradara perempuan, kita bisa mendapatkan cara pandang baru, gaya bercerita yang baru, serta representasi baru, khususnya untuk karakter perempuan. Hal ini juga membuktikan perempuan pun bisa berkarya di berbagai bidang, serta dapat saling bersinergi menciptakan karya-karya yang lebih baik," lanjutnya.

Adapun sutradara perempuan yang namanya pernah tercatat sebagai peraih nominasi dan pemenang di Festival Film Indonesia, antara lain Dinna Jasanti, Gina S Noer, Kamila Andini, Mouly Surya, Pritagita Arianegara, Sammaria Simanjuntak, dan Upi. (dd)


(and_)