Entertainment

Pohon Pepaya Tertinggi di Dunia Ditemukan di Brazil, Pecahkan Rekor Guinness

Musik & Film

13 Mei 2022 16:40 WIB

Pohon pepaya tertinggi di dunia masuk rekor Guinness (Dok. Guinness World Records)

Solotrust.com -Rekor Guinness untuk pohon pepaya tertinggi di dunia dipecahkan di Brazil. Seperti dikabarkan Guinness World Records via lamannya, Selasa (10/5), pohon itu memiliki tinggi 14,65 meter dan ada di Nova Aurora, Paraná, Brazil. Pohon itu ditemukan warga Brazil bernama Tarcísio Foltz dan Gilberto Franz.

Pemegang rekor sebelumnya untuk pohon pepaya tertinggi berasal dari India tahun 2017. Buah yang ditanam oleh Jhantu Paul itu memiliki tinggi 14,08 meter.



Tarcísio menyadari bahwa pohon pepaya yang terletak di lahan pertaniannya jauh lebih tinggi daripada pohon lain yang pernah dilihatnya. Tarcísio kemudian mengajak temannya Gilberto Franz untuk mengukur pohon itu menggunakan drone.

Setelah tiga bulan, keduanya memutuskan untuk mengukur pohon itu secara resmi. Dengan bantuan tim ahli, ketinggian pohon berhasil dikonfirmasi.

Pemegang rekor ini berharap bisa menyebarkan nama Nova Aurora ke seluruh dunia. Mereka juga ingin penduduk kota mereka merasa bersyukur dan bangga dengan akar mereka.

"Tujuan saya adalah untuk menunjukkan bahwa ada banyak cara untuk bahagia, dan saya merasa sangat senang untuk berbagi pencapaian ini," kata Gilberto Franz Tarcísio Foltz dan Gilberto Franz.

Pepaya adalah buah eksotis, dengan rasa manis yang mirip dengan aprikot. Di Brazil, buah ini tidak hanya dikonsumsi dalam keadaan alami, tetapi juga digunakan untuk membuat es krim, jus, minuman buah, dan krim pencuci mulut.

Pepaya adalab buah khas daerah tropis dan subtropis, sehingga beradaptasi dengan baik dengan iklim Brazil, menjadikan negara itu salah satu produsen pepaya terbesar di dunia.

Pohon pepaya memiliki batang tinggi dan daun besar yang tumbuh secara spiral. Biasanya diperlukan waktu sekitar tiga tahun untuk mencapai kematangan dan mulai menghasilkan buah.

Setelah tanaman mencapai ketinggian sekitar 90 cm, dimungkinkan untuk mengidentifikasi jenis kelaminnya. Bunga tanaman pepaya betina dekat dengan batang dan lebih besar dari bunga tanaman jantan. Diperlukan setidaknya satu pohon pepaya jantan untuk setiap 10 hingga 15 pohon pepaya betina.

Pemupukan pohon pepaya harus organik agar tanaman tetap sehat,  dengan menggunakan kotoran ayam atau sapi.

Buah pepaya umumnya mulai matang empat hingga enam minggu setelah bunga mekar, setelah itu dapat dipanen. (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya