Entertainment

Tom Cruise Terima Palme d Or Jelang Screening Film Top Gun: Maverick

Musik & Film

19 Mei 2022 20:06 WIB

Tom Cruise menerima penghargaan kehormatan Palme d Or di Festival Film Cannes ke-75 tahun ini (Sumber: Instagram/festivaldecannes)

Solotrust.com -Tom Cruise menerima penghargaan kehormatan Palme d'Or saat hadir di Festival Film Cannes pada hari Kamis (18/5) waktu setempat, jelang peluncuran filmnya "Top Gun: Maverick".

Presiden festival Pierre Lescure mengumumkan penghargaan itu di atas panggung tepat sebelum pemutaran dimulai. Cruise mencengkeram piala utama Cannes itu, sementara penonton memberi aktor 59 tahun itu tepuk tangan meriah.



"Top Gun: Maverick" seharusnya tayang perdana di festival film French Riviera pada tahun 2020, sebelum dibatalkan karena situasi Covid-19. Rilis film itu sudah ditunda beberapa kali.

Cruise bersikukuh menunggu bioskop kembali berjalan lancar untuk menayangkan film yang diproduserinya ini. Dia mengatakan tidak pernah mempertimbangkan untuk merilis "Top Gun: Maverick" melalui platform streaming.

"Itu tidak akan pernah terjadi," katanya kepada audiens Cannes dalam sebuah pembicaraan menjelang pemutaran perdana, sebagaimana dikabarkan AFP (19/5).

"Saya membuat film untuk layar lebar. Bioskop adalah cinta saya, gairah saya. Saya selalu pergi ke bioskop ketika mereka keluar. Saya akan mengenakan topi saya dan duduk di antara penonton dengan semua orang," kata Cruise.

Cruise menghabiskan sebagian besar percakapan untuk menjelaskan dedikasinya yang luar biasa pada kerajinan pembuatan film, seperti bagaimana sejak usia dini ia menggali setiap elemen produksi film dan menganalisis bagaimana mode akting tertentu bekerja paling baik di layar lebar.

Cruise terakhir ke Cannes pada tahun 1992 untuk pemutaran perdana "Far and Away" dengan istrinya saat itu, Nicole Kidman.

"Dalam sejarah perfilman, dia memiliki salah satu tingkat keberhasilan tertinggi," kata direktur festival Cannes Thierry Fremaux.

"Ini adalah seseorang yang belum pernah kita lihat di platform streaming, serial TV, atau iklan. Dia adalah seseorang yang mengabdikan diri pada sinema," tambah Fremaux. (Lin)

(wd)