Hard News

Ombak Besar Terjang Rumah di Kawasan Pesisir Pantai Utara Rembang

Sosial dan Politik

24 Mei 2022 11:01 WIB

Ombak besar menerjang kawasan pesisir pantai utara Kabupaten Rembang, Senin (23/05/2022). Akibatnya, air laut masuk ke rumah-rumah penduduk di sekitar pesisir laut. (Foto: Dok. solotrust.com/Muhammad Minan)

REMBANG, solotrust.com- Ombak besar menerjang kawasan pesisir pantai utara Kabupaten Rembang, Senin (23/05/2022). Akibatnya, air laut masuk ke rumah-rumah penduduk di sekitar pesisir laut.

Suyadi, warga Desa Gegunung Wetan yang rumahnya terdampak terjangan ombak mengaku ombak besar terjadi sejak pagi hari sekira pukul 06.00 WIB. Semakin siang, deburan ombak kian besar hingga air laut masuk ke dalam rumahnya.



“Sebelumnya padahal biasa saja, tidak sampai masuk ke dalam rumah,” katanya kepada wartawan, (Senin (23/05/2022).

Tidak sedikit rumah berada tak jauh dari pinggiran laut terendam air laut akibat besarnya ombak yang menerjang. Diakuinya, peristiwa ombak besar itu baru kali pertama terjadi hingga membanjiri rumah warga.

“Dulu juga pernah, tapi tidak sampai sebesar ini,” ucapnya.


Senada dengan Suyadi, warga Desa Gegunung Wetan lainnya, Pujianto juga menyampaikan peristiwa ombak besar hingga membanjiri rumah warga baru terjadi kali pertama ini. Bahkan  hingga mengakibatkan beberapa bagian rumah ambrol.

“Ini rumah depan rumah saya bagian belakangnya sudah ambrol. Di sebelah RT 1 juga rumahnya ambrol,” terang dia.

Beberapa warga, bahkan ada yang sudah mengungsi karena dikhawatirkan dapat membahayakan nyawa. Dirinya berharap ke depan pemerintah dapat membuat bangunan pemecah ombak agar warga yang tinggal di pesisir laut tidak terancam jika terjadi peristiwa alam seperti itu.

“Ini sebagian warga yang dekat laut mengungsi,” pungkasnya. (mn)

(and_)