Serba serbi

Pembukaan Cabor Voli Pantai Porprov Dimeriahkan Grebeg Tumpeng hingga Orek-orek

Olahraga

5 Agustus 2023 11:01 WIB

Penyerahan tumpeng secara simbolik di pembukaan cabor voli pantai di ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah (Porprov Jateng), Jumat (04/08/2023) sore

REMBANG, solotrust.com - Suasana di Pantai Dasun Kecamatan Lasem nampak ramai dipadati pengunjung dan para atlet voli pantai, Jumat (04/08/2023) sore. Dalam kesempatan itu digelar grebeg tumpeng pesisiran sekaligus bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah (Porprov Jateng) 2023 cabang olahraga (Cabor) voli pantai.

Berbagai kegiatan digelar di sini. Selain bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), ada pula tradisi grebeg tumpeng berjumlah 15. Tumpeng ini dinamakan tumpeng pesisiran. Lauk pauknya menggunakan ikan laut. Berbeda dengan tumpeng umumnya cenderung menggunakan ayam dan daging.



Tradisi ini sekaligus untuk menyambut para atlet Porprov voli pantai yang akan bertanding. Selain disambut tumpeng pesisiran, kemarin ada pula flashmob tari orek-orek dengan 150 penari.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rembang, Vivit Dinarini mengapresiasi antusiasme warga Dasun menyambut para atlet voli pantai dari berbagai daerah. Harapannya, ditempatinya Pantai Dasun sebagai tuan rumah Porprov berdampak pada ekonomi warga setempat.

"Antusiasme kepada desa dan warga Dasun luar biasa. Semoga ini bisa berdampak positif kepada warga setempat," ungkapnya.

Sementara, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi sekaligus Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)  Kabupaten Rembang menyebut pihaknya mengirim tim lengkap, mulai 2 lawan 2 dan 4 lawan 4 putra putri. Targetnya Rembang mempersembahkan satu emas dan dua perak.

"Kami kirim komplet semua nomor. Targetnya satu emas dan dua perak," ucapnya. (mn)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya