Pend & Budaya

5 Fungsi Musik Tradisional yang Perlu Kamu Tahu

Pend & Budaya

5 Agustus 2022 21:31 WIB

Ilustrasi (Foto: Instagram/@jokowi)

Solotruat.com - Indonesia mempunyai ragam seni dan budaya tersebar di berbagai daerah. Keragaman ini membuat Negeri Seribu Pulau dipandang pihak luar sebagai salah satu negara dengan kekayaan seni budaya terbesar di dunia.

Salah satu ragam kesenian dimiliki Indonesia adalah musik tradisional. Di tiap daerah, masing-masing mempunyai musik tradisional.



Mengutip laman Instagram @pusbangfilm, Kamis (04/08/2022), setidaknya ada lima fungsi musik tradisional di berbagai daerah.

"Pertama, pengiring upacara adat," tulis akun Instagram @pusbangfilm menyebut salah satu fungsi musik tradisional.

Lebih lanjut dijelaskan, upacara-upacara adat di Indonesia umumnya selalu melibatkan musik tradisional. Jika kedudukan musik merupakan bagian pokok dalam upacara adat, disebut musik tradisi. Kehadirannya dalam upacara adat pun bersifat mutlak.

"Sedangkan jika kedudukan musik dalam upacara adat bukan bagian pokok upacara, kehadirannya bersifat tidak mutlak atau bisa digantikan, namun tetap tidak kehilangan martabatnya sebagai musik tradisional," sambungnya.

Kedua, fungsi musik tradisional ialah untuk mengiringi tarian tradisional. Biasanya tarian tradisional hanya bisa disandingan dengan musik tradisional setempat sehingga muncul keselarasan di dalam karya.

Ketiga, musik tradisional sebagai sarana hiburan. Bunyi musik tradisional bisa membuat pikiran menjadi segar dan suasana hati berubah menjadi lebih baik lagi.

Keempat, musik tradisional berperan sebagai sarana komunikasi atau menyampaikan pesan kepada khalayak ramai.

Kelima, fungsi musik tradisional juga bisa sebagai sarana ekonomi, utamanya bagi seniman yang mendapatkan bayaran atau ungkapan terima kasih dari pihak lainnya karena telah memainkan musik tradisional. (dd)

(and_)