Hard News

Kakanwil Kemenkumham Jateng Lantik Pejabat Fungsional dan Anggota MPD Notaris

Jateng & DIY

6 Juli 2023 09:09 WIB

Plt Kakanwil Kemenkumham Jateng Hantor Situmorang melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan pejabat fungsional, kewarganegaraan, dan anggota MPD Notaris, Rabu (05/07/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

SEMARANG, solotrust.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kakanwil Kemenkumham Jateng) Hantor Situmorang melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan pejabat fungsional, kewarganegaraan, dan anggota Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris, Rabu (05/07/2023). Prosesi berlangsung di Aula Kresna Basudewa Kantor Wilayah.
 
Terperinci, ada dua orang aparatur sipil negara (ASN) Kanwil Kemenkumham Jateng dilantik sebagai Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Madya, tujuh orang dilantik sebagai anggota MPD, dan empat orang diambil sumpah sebagai warga Negara Indonesia (WNI).
 
Kepada mereka semua, Kakanwil Kemenkumham Jateng Hantor Situmorang memberikan ucapan selamat dan apresiasi atas jabatan dan status baru yang mereka emban. Dia juga menyampaikan beberapa pesan dalam sambutannya.
 
"Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan yang sesuai dengan tugas dan fungsinya harus didukung oleh koordinasi dan komunikasi berkelanjutan antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di daerah dengan pemerintah daerah setempat. Saling bersinergi dan bekerja sama dalam proses legislasi di daerah dalam hal pembentukan peraturan daerah," ujarnya memberikan sambutan.
 
Kepada anggota MPD, kakanwil berharap mereka segera beradaptasi dengan lingkungan kerja baru serta memahami Undang-undang Jabatan Notaris dan Peraturan Menteri Hak Asasi Manusia tentang tata cara pemeriksaan terhadap notaris sebagai dasar pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.
 
"Saya juga meminta seluruh Majelis Pengawas Daerah di Jawa Tengah untuk menggiatkan kegiatan-kegiatan pembinaan terhadap para notaris demi mencegah terjadinya kelalaian dan pelanggaran notaris dalam memberikan jasa hukum kepada pengguna jasanya," sambung dia.
 
Sementara untuk WNI baru saja diambil sumpahnya, Hantor Situmorang mengingatkan untuk tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
"Jadilah warga negara yang baik, patuh hukum, dan menjauhi perbuatan tercela," serunya.
 
Penutup, kakanwil menginstruksikan untuk segera menyesuaikan dengan tugas baru, lebih kreatif, melakukan koordinasi, konsultasi komunikasi, dan kerja sama dengan seluruh unsur.
 
"Buktikan dengan kerja dan karya nyata melalui kinerja yang tinggi dengan sebaik-baiknya. Segera perkuat koordinasi dan sinergitas internal dan eksternal, untuk saling menguatkan," seru Hantor Situmorang.
 
"Bekerja secara maksimal dan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bangun energi baru serta selalu menjadi role model bagi semua. Perkuat disiplin, tingkatkan respons dan selalu perbarui inovasi dalam bekerja," pungkasnya.
 
Kegiatan ini turut disaksikan Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, serta perwakilan keluarga peserta pelantikan dan pengambilan sumpah.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya