Serba serbi

Jenis-jenis Layanan Hosting Indonesia yang Wajib Diketahui

Teknologi

30 Agustus 2022 14:11 WIB

Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa/investasi.online)

Solotrust.com - Apabila Anda berencana membuat website, hal penting yang harus dipersiapkan adalah nama domain dan hosting. Untuk itu, sangat penting memilih layanan hosting tepat dan memberikan layanan bagus. Anda bisa melihat berbagai review layanan hosting untuk mencari tahu mana yang cocok dengan kebutuhan website.

Jenis-jenis layanan hosting Indonesia yang wajib diketahui



Perlu diketahui, setiap provider hosting bisa saja menawarkan layanan berbeda-beda. Ada beberapa provider hanya menjual layanan hosting standar saja, misalnya WordPress Hosting, Unlimited, dan Shared. Namun, provider lain bisa memberikan layanan lebih lengkap. Secara umum, berikut adalah beberapa layanan yang biasa ditawarkan jasa hosting:

1. Unlimited Hosting

Layanan hosting pertama ini siap mengakomodasi kebutuhan hosting website-mu dengan kapasitas penyimpanan lumayan besar. Saat mencari unlimited hosting, Anda bisa melihat jumlah inodes yang ditawarkan provider tersebut.

Inodessendiri merupakan jumlah file yang dapat disimpan dalam layanan hosting. Apabila telah melewati batas, tidak akan bisa meng-upload file lagi. Tentu saja, jika sudah seperti ini, Anda harus segera melakukan upgrade layanan hosting.

2. Cloud Hosting

Cloud Hostingadalah teknologi terbaru dalam media penyimpanan hosting. Semua file dan data website akan tersimpan di server cloud berbeda. Sehingga, apabila salah satu server sedang down masih terdapat backup dari server lainnya.

Bisa disimpulkan, cloud hosting jauh lebih aman daripada downtime. Jadi, tidak merugikan pemilik website dan juga pengunjungnya. Cloud hosting sendiri termasuk ke dalam kategori full managed dari provider hosting.

3. Managed Hosting

Managed hostingpengelolaannya dipegang langsung oleh provider hosting. Jadi, Anda hanya perlu bayar lalu pakai tanpa pusing-pusing memikirkan hal teknis mengenai hosting yang sedang Anda gunakan.

Harga managed hosting jauh lebih murah sebab satu server utama dapat digunakan banyak orang. Sayangnya, aksesnya terbatas sehingga Anda tidak bisa melakukan setting lebih spesifik lagi terhadap hosting.

4. WordPress Hosting

Nah, untuk layanan hosting yang ini memang dikhususkan buat pengguna WordPress. Seperti Anda ketahui, WordPress adalah CMS dengan pengguna terbanyak di dunia. Tidak heran jika layanan hosting untuk WordPress menjadi banyak dicari. Kelebihan hosting ini adalah hosting telah dioptimasi, sehingga untuk urusan speed pasti lebih aman dan cepat. Namun, sayangnya ini hanya bisa digunakan untuk CMS saja.

5. Shared Hosting

Shared hostingmerupakan layanan hosting termurah dan dalam satu server juga bisa diisi lebih dari satu website. Sehingga, untuk resource hosting-nya seperti RAM, CPU, database, dan penyimpanan bisa dibagi bersama pengguna lainnya. Itulah kenapa shared hosting paling murah daripada layanan hosting lainnya. Perlu Anda tahu, shared hosting tersebut full magae dari provider hosting, sehingga Anda pun tak perlu repot-repot lagi.

6. VPS

VPS adalah layanan upgrade shared hosting. Intinya, untuk Anda yang mau upgrade dari hosting share harus mencoba fitur VPS atau Virtual Private Server ini. Adanya VPS memungkinkan Anda untuk mengelola sendiri server tersebut secara virtual di komputer server. Selain itu, dalam satu akun VPS juga tak akan ada website lain selain milik Anda sendiri. Jika Anda tertarik untuk upgrade hosting bisa menggunakan server VPS murah dari Niagahoster.

Itulah berbagai layanan hosting yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa sebelum memilihnya pastikan untuk melihat hasil review hosting Indonesia dulu terhadap berbagai layanan tersebut. Jika hasilnya bagus, Anda bisa memilih hosting tersebut untuk kebutuhan website. Apabila Anda mencari web hosting murah, Niagahoster bisa menjadi pilihan tepat.

Ada banyak sekali pilihan paket hosting terjangkau dan bisa disesuaikan dengan skala bisnis dan kebutuhan. Mulai dari harga Rp9.900 sampai termahal Rp49.900 saja per bulannya. Jadi, tunggu apalagi? Segera tingkatkan kecepatan loading, sistem keamanan, hingga uptime website sekarang juga bersama Niagahoster!

(and_)