Serba serbi

Serunya Tingkatkan Konsentrasi Lewat Permainan Air Softgun

Olahraga

1 September 2022 09:45 WIB

Salah seorang anggota Porgasi Semarang sedang melakukan tembak target dengan unit replika senjata, Rabu (31/8). (Foto: Dok. SOlotrust.com/fj)

SEMARANG, solotrust.com - Olahraga tembak menembak dengan menggunakan replika senjata api memang semakin diminati masyarakat. Tidak hanya melatih ketangkasan gerak tubuh, permainan ala militer ini juga melatih kekuatan konsentrasi bagi pemainnya.

Menurut Ketua Harian Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia, Catur Prayitno menjelaskan keseruan bermain air softgun ada pada permainan replika senjata yang digunakan mirip sejata api. Namun dirinya menegaskan replika senjata tersebut adalah senjata mainan.



"Ada aturan-aturan yang harus diikuti oleh para pengikut atau para pemain, dan salah satu keseruan ada ketika bermain war game, itu adalah simulasi pertempuran," ujarnya kepada solotrust.com, Rabu (31/8).

Keseruan lain bermain Air Softgun adalah pemain atau anggota bisa cosplay atau impresi dengan baju ala-ala militer. Tentu dengan unit yang mirip dengan senjata milik TNI atau Polri.

"Setelah menggunakan kostum lengkap, selanjutnya mereka bisa menembak target sasaran dengan bergaya mirip tentara militer," ungkapnya.

Olahraga air softgun sendiri, imbuhnya, mulai dikenal pada awal tahun 2000-an. Munculnya olahraga ini mulanya ada klub-klub kecil penghobi Air Softgun. Kemudian pada tahun 2013, klub-klub itu bersama-sama membentuk induk organisasi Air Softgun di bawah naungan Kormi.

Salah seorang anggota Porbasi, Tio, menjelaskan dirinya menyukai olahraga ini karena menggerakkan seluruh anggota tubuh. Selain itu juga lebih banyak mengenal teman baru.

"Olahraga ini membuat kita gerak terus, otomatis fisik kita jadi terlatih. Terlebih lagi konsentrasi kita jadi meningkat, karena waktu kita main butuh konsentrasi untuk menembak musuh juga antispasi supaya kita nggak kena hit," paparnya.

Meskipun berdandan seperti militer, Tio menyebut tidak ada cita-cita menjadi anggota polisi atau tentara. Ia hanya kagum dengan permainan air softgun yang dirasa seru.

Dirinya pun memiliki unit dan kostum pribadi yang digunakan ketika bermain dengan klubnya. Namun yang tak kalah penting, pemain harus memiliki kacamata.

"Kalau helm dan kostum hanya sebatas perlengkapan, atau style supaya terlihat keren. Tapi untuk safety memang harus memakai kacamata, kalau saya sama teman-teman, kalau tidak safety mending tidak usah bermain," imbuhnya.

Untuk senjata Air Softgun memiliki beberapa jenis. Seperti jenis Spring, jenis ini yaitu jenis unit yang didalamnya menggunakan mekanis per untuk menembakkan peluru plastiknya. Kemudian ada jenis AEG atau Automatic Electrik Gun yang mekanis unitnya menggunakan baterai.

Ada lagi jenis GBB atau Gas Blow Back, jenis ini mengusung mekanis semi otomatis. Dan yang terakhir jenis WGG atau Water Gel Gun, jenis unit otomatis yang menggunakan peluru jenis jelly. (fj)

(zend)